Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Asing Boleh Danai Pembangkit Listrik di Atas 10 MW

Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) mendukung masuknya investasi asing untuk pembangkit listrik. Keputusan tersebut sesuai dengan revisi Peraturan Presiden Nomor 36 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Tertutup dan Terbuka dengan Persyaratan.
Fauzul Muna
Fauzul Muna - Bisnis.com 29 April 2014  |  19:22 WIB

Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Energi dan Sumber Daya Alam (ESDM) mendukung masuknya investasi asing untuk pembangkit listrik. Keputusan tersebut sesuai dengan revisi Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 36 Tahun 2010 tentang Badan Usaha Tertutup dan Terbuka dengan Persyaratan.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM) menyatakan dukungan atas masuknya investasi asing ke pembangkit listrik berdaya di atas 10 megawatt (MW). “Persentasenya bisa sampai 95%," katanya seusai menghadiri acara Pelantikan Pejabat Eselon I di Lingkungan Kementerian ESDM, Senin (28/4/2014).

Menurutnya, modal asing diperlukan karena pembangkit di atas 10 MW membutuhkan investasi yang besar. Tak hanya itu, paparnya, teknologi yang dibutuhkan juga tidak sederhana. “Jadi, kalau ada pengembang asing membawa duit, kenapa tidak?.”

Sementara itu, untuk pembangkit listrik berdaya di bawah 10 MW, Jarman mengemukakan sebaiknya mendahulukan penanaman modal dalam negeri (PMDN).

Dia tidak menutup kemungkinan masuknya modal asing pada pembangkit kecil. “Namun, mayoritas harus modal dalam negeri,” ujarnya.

Pasalnya, pembangkit listrik berdaya kecil tidak membutuhkan investasi yang besar. Selain itu, teknologi yang dibutuhkan relatif sederhana. Menurutnya, Pembangkit berdaya kecil lebih baik diserahkan ke pengembang dalam negeri dan bukan pemilik modal asing. 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pembangkit listrik
Editor :

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top