Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENELITIAN HERBAL: Universitas de Poitiers Jajaki Kerjasama Dengan Sidomuncul

Universitas de Poitiers, Prancis, menilai produk herbal atau jamu tradisonal Sidomuncul berpeluang masuk pasar Eropa karena proses pembuatannya sudah memenuhi standar farmasi.
Presdir PT Sidomuncul Irwan Hidayat (kiri) dan Artis Nadin Chandrawinata saat jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu./Bisnis-Nurul Hidayat
Presdir PT Sidomuncul Irwan Hidayat (kiri) dan Artis Nadin Chandrawinata saat jumpa pers di Jakarta, beberapa waktu lalu./Bisnis-Nurul Hidayat

Bisnis.com, SEMARANG – Universitas de Poitiers, Prancis, menilai produk herbal atau jamu tradisonal Sidomuncul berpeluang masuk pasar Eropa karena proses pembuatannya sudah memenuhi standar farmasi.

“Saya terkesan setelah melihat cara pembuatan obat atau jamu di Sidomuncul sudah bagus. Fasilitas dan kinerjanya sangat bagus, kemungkinan bisa pasarkan ke eropa. akan mendapat sertifikat yang bagus,” kata Prof Gerad Mouco dari  Universitas de Poiters Prancis, Sabtu (26/4/2014).    

 Mouco adalah ahli dan peneliti bidang bio-medik, herbal medicine dan rematologi, serta clinical training di bidang gastro-enterologi.  Dia mengatakan tertarik untuk kerjasama penelitian bidang bio-medik dan herbal medicine dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang dan Sidomuncul.

Menurut dia kalau cara seperti ini ditunjukkan kepada dunia luar, kemungkinan besar banyak industri di luar negeri, khususnya Eropa tertarik untuk mengimport herbal produk Sidomuncul, khususnya tolak angin.

Universitas de Poitiers Perancis mengatakan dunia barat, khususnya Eropa yang banyak bergantung pada obat kimiawi, belakangan ini sudah mulai melirik produk kesehatan alami.

Masyarakat Barat sudah mulai meninggalkan obat-obat berbahan baku kimia dan mulai beralih ke herbal. Bahkan di negara maju sekarang ini sudah mulai memproduksi herbal kendati di sana tidak banyak memiliki sumber bahan baku jamu.

Rektor Undip Prof Sudharto P. Hadi mengatakan  perguruan tinggi yang dipimpinnya sudah lama mengalang kerjasama engan Sidomuncul. “Terutama dengan fakultas kedokteran, penelitian obat herbal khususnya tolak angin,” katanya.

Sedangkan secara  pribadi Sudharto mengaku sudah melakukan kerjasama di bidang peningkatan kinerja lingkungan. Hasilnya sekarang  PT Sidomuncul dapat sertifikat biru dan proper untuk perusahaan yang berkinerja bagus bidang lingkungan.

Dirut PT Sidomuncul Tbk. Irwan Hidayat mengatakan Indonesia belum memanfaatan secara maksimal potensi kekayaan biodiversity yang ada di tanah air. “Kita memiliki 30.000 kekayaan keaneragamanhayati, namun dari jumlah sebanyak itu baru 500 yang dimanfaatkan untuk bahan baku obat dan herbal atau jamu tradisional,” katanya. 

Karena itu Irwan melalui laboratorium PT Sidomuncul setiap saat meneliti bahan-bahan abaru untuk obat atau herbal.  “Sekarang saya sedang meneliti satu tanaman yang banyak tumbuh dimana-mana tapi tidak pernah diteliti sebagai bahan obat oleh peneliti padahal kasiatnya banyak,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper