Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Energi Terbarukan Hemat Energi Fosil

Pemanfaatan energi terbarukan sebagai pembangkit listrik, terutama panas bumi bisa menghemat energi fosil.
Inda Marlina
Inda Marlina - Bisnis.com 05 Maret 2014  |  04:12 WIB
Energi panas bumi
Energi panas bumi

Bisnis.com, JAKARTA -- Pemanfaatan energi  terbarukan sebagai pembangkit listrik, terutama panas bumi bisa menghemat energi fosil. 

Direktur Panas Bumi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Tisnaldi mengatakan pemanfaatan energi baru dan terbarukan memanfaatkan konservasi sehingga permintaan dari energi fosil bisa ditahan. Karena pemanfaatan energi baru tersebut, penggunaan energi fosil menjadi berkurang. 
 
"Kami akan berkomitmen mengurangi penggunaan energi fosil di 2025 menjadi sekitar 23% saja," ujarnya, Selasa (4/3/2014). 
 
Dia menambahkan untuk pemanfaatan energi baru dan terbarukan, pemerintah akan menggunakan berbagai sumber. Tisnaldi mencontohkan akan memaksimalkan penggunaan tumbuhan kemiri sunan, limbah cangkan sawit, sampah kota, kotoran ternak, dan lain sebagainya. 
 
Sebagai penunjang sumber tersebut, pemerintah akan gencar menjalin kerja sama dengan negara yang telah memiliki teknologi untuk memanfaatkan sumber energi terbarukan itu. Kementerian ESDM menyatakan siap untuk menerima transfer teknologi dari negara lain .

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

energi terbarukan
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top