Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bangun Pabrik di Jambi, Semen Baturaja Bebaskan Lahan 500 Ha

Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) akan melakukan pembebasan lahan sekitar 500 hektare dengan anggaran Rp50 miliar sebagai implikasi dari rencana pembangunan pabrik Baturaja III di Sarolangun, Jambi.
Logo Semen Baturaja/Bisnis
Logo Semen Baturaja/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA—Produsen semen pelat merah PT Semen Baturaja (Persero) Tbk. (SMBR) akan melakukan pembebasan lahan sekitar 500 hektare dengan anggaran Rp50 miliar sebagai implikasi dari rencana pembangunan pabrik Baturaja III di Sarolangun, Jambi.

Direktur Utama Semen Baturaja Pamudji Raharjo mengatakan nantinya perseroan membutuhkan lahan hingga 5.000 hektare, baik lahan untuk bahan baku maupun pabrik semen.

Menurut Pamudji, pihaknya sudah melakukan studi kelayakan, eksplorasi, dan telah mendapatkan izin usaha pertambangan (IUP).

“Studi kelayakan sudah, IUP sudah, dan eksplorasi juga sudah. Sekarang, kami akan lakukan pembebasan lahan baru 500 hektare senilai Rp50 miliar dari total lahan yang dibutuhkan mencapai seluas 5.000 hektare,” tuturnya dalam paparan kinerja 2013 di Jakarta, Rabu (26/2/2014).

Dia menjelaskan nilai investasi pabrik Baturaja III itu ditaksir bisa mencapai Rp2,9 triliun. Nilai investasi dan kapasitas produksi pabrik baru di Jambi itu masih akan disamakan dengan pembangunan pabrik Baturaja II yang berlokasi di Ogan Komering Ulu, Sumatra Selatan.

“Kapasitasnya 1,85 juta ton per tahun dan nilai investasinya sekitar Rp2,8 triliun hingga Rp2,9 triliun. Kalau nilai tukar dolar AS menurun, maka investasi akan menurun juga. Begitu sebaliknya,” tutur Pamudji.

Berdasarkan penelitian sebelumnya di Sarolangun terdapat potensi bahan baku semen yang sangat besar, sehingga sayang sekali kalau tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, Kementerian BUMN mendorong Semen Baturaja untuk membangun pabrik di daerah tersebut.

“Terdapat kandungan bahan baku semen di Sarolangun, dan kualitasnya baik. Sayang kalau tidak dimanfaatkan segera,” katanya.

Namun, langkah itu harus didukung oleh pembangunan infrastruktur, seperti pelabuhan. Apalagi, pemerintah berencana membangun pelabuhan di Ujung Jabung, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Provini Jambi.

Keberadaan pelabuhan tersebut dinilai akan mampu menggenjot ekspor produk semen dan sumber daya alam lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdiyan
Editor : Ismail Fahmi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper