Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Properti Residensial Manado Terus Tumbuh, Ini Prediksi Kenaikan Harga

Setelah memperlihatkan pertumbuhan yang sangat tinggi sepanjang 2013 lalu, Kota Manado di Sulawesi Utara diperkirakan akan kembali tumbuh positif pada kuartal I tahun ini.
Ilustrasi/Bisnis.com
Ilustrasi/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA -Pertumbuhan properti di Kota Manado diperkirakan akan terus tumbuh.

Setelah memperlihatkan pertumbuhan sangat tinggi sepanjang 2013 lalu, Kota Manado di Sulawesi Utara diperkirakan akan kembali tumbuh positif pada kuartal I tahun ini.

Bank Indonesia menilai pada kuartal I/2014, harga properti residensial di kota Manado akan kembali terdongkrak hingga 8,09% (qtq), dengan kenaikan rata-rata paling tinggi terjadi untuk rumah tipe kecil.

Ketua Dewan Pengurus Daerah Manado persatuan perusahaan Realestat Indonesia, REI, William Tanos mengatakan pertumbuhan properti di wilayah tersebut ditopang pesatnya pertumbuhan kegiatan MICE (meeting, incentive, convention, exhibition).

Meski begitu, perkembangan pada awal 2014 terkendala bencana banjir yang telah melanda.

Landed house masih menjadi pengembangan paling dominan di sini. Selain itu, terjadi banyak pembangunan hotel untuk mengakomodasi permintaan MICE,” tuturnya, saat dihubungi Bisnis, Minggu (23/2/2014)

Meski begitu, jika melihat ke belakang, berdasar data riset yang ada, perkembangan pada kuartal pertama 2012 memperlihatkan bahwa kota Makassar tumbuh lebih tinggi yakni 13,25%, bila dibandingkan Manado (7,84%).

Kondisi sebaliknya berlaku pada tahun lalu. Sisi utara pulau Sulawesi ini memperilhatkan pertumbuhan sangat signifikan, melebihi pertumbuhan di Makassar.

Bahkan, Manado mencatat pertumbuhan paling tinggi dibandingkan 14 kota lainnya di Indonesia.

Pada kuartal pertama 2013, secara tahunan, Manado tumbuh 8,47%, dan menjadi 16,91% pada kuartal kedua.

Pertumbuhan kembali terjadi menjadi 22,96%, dan ditutup pada 23,23% pada akhir kuartal 2013.

Kenaikan harga yang terjadi, jelas riset tersebut, sejalan dengan meningkatnya perekonomian daerah sebagai representasi berkembangnya wilayah Kawasan Indonesia Timur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatia Qanitat
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper