Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Underpass Simpang Mandai Kota Makassar Rp150 miliar Dibangun 2015

Kementerian Pekerjaan Umum akan memulai pembangunan fisik terowongan/underpass Simpang Mandai Kota Makassar Rp150 miliar pada awal tahun depan, karena pembebasan tanah masih berlangsung.n
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 21 Februari 2014  |  15:06 WIB
Maket underpass Simpang Mandai Kota Makassar
Maket underpass Simpang Mandai Kota Makassar

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum akan memulai pembangunan fisik terowongan/underpass Simpang Mandai Kota Makassar Rp150 miliar pada awal tahun depan, karena pembebasan tanah masih berlangsung.

Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VI Direktorat Jenderal Bina Marga Deded Permadi Sjamsudin mengatakan underpass itu ditujukan untuk mengatasi kemacetan di persimpangan tersebut, mengingat lalu lintas yang kian tinggi dan merupakan akses menuju dan dari bandara.

“Saat ini sedang dilakukan  pembebasan tanah yang mengacu pada perpres No. 71/2012 dengan kebutuhan lahan seluas 1,97 hektare," katanya dalam keterangan tertulis, Jumat (21/2/2014).

Dengan digunakannya beleid tersebut maka, pengadaan lahan proyek tersebut dimulai dari permohoan penetapan lokasi yang  saat ini sudah disetujui, namun harus ada penetapan dari Gubernur.

Selanjutnya ialah tahap appraisal, lalu lelang  konstruksi dan  diharapkan pekerjaan fisik bisa dilaksanakan di awal2015.

"Konstruksinya diperkirakan akan memakan waktu 18-21 bulan, karena kita harus melihat juga kondisi lalu lintas yang cukup padat agar tidak menimbulkan kemacetan yang parah, sehingga harus dilakukan bertahap," papar Dedet.

Selain itu, hingga kini desain juga terus difinalisasi yang direncanakan akan memiliki panjang 1.000 m dengan panjang underpass 120 m dan lebar 2x9 m.

Diketahui bahwa volume kendaraan yang melewati simpang tersebut pada jam sibuk mencapai total 10.417 kendaraan per hari, dengan rincian di Jalan Peritis Kemerdekaan (arah Makassar) 2.321 kendaraan, Jalan Perintis Kemerdekaan (arah Maros) 5.571 kendaraan, jalan Tol Seksi Empat 1.337 kendaraan, Jalan Poros Bandara 814 kendaraan, dan Jl. Poros Auri 374 kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

makassar underpass kementerian pekerjaan umum
Editor : Martin Sihombing
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top