Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Gunung Kelud Meletus: Bandara Juanda Diperkirakan Beroperasi Pk. 18.00

PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo memperkirakan infrastruktur itu beroperasi kembali pada Sabtu (15/2/2014) pukul 18.00 WIB, setelah sempat ditutup pascaerupsi Gunung Kelud di Kediri
News Editor
News Editor - Bisnis.com 15 Februari 2014  |  14:33 WIB
Bandara Juanda Surabaya - Bisnis
Bandara Juanda Surabaya - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- PT Angkasa Pura I (Persero) selaku pengelola Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo memperkirakan infrastruktur itu beroperasi kembali pada Sabtu (15/2/2014) pukul 18.00 WIB, setelah sempat ditutup pascaerupsi Gunung Kelud di Kediri.

"Setelah Gunung Kelud meletus, tak ada maskapai penerbangan yang berani melintas di langit sekitar letusan Kelud. Rencana pembukaan ini juga tetap menunggu kondisi cuaca terkini," kata "General Manager PT Angkasa Pura I (Persero) Trikora Harjo pada jumpa pers tentang update operasional Bandara Internasional Juanda, Sabtu (15/2/2014) seperti dikutip Antara.

Menurut dia, abu vulkanik gunung yang masih aktif tersebut menyebar ke sejumlah wilayah di Timur Laut Gunung Kelud dengan ketinggian mencapai 150 ribu kaki, lalu ke Barat Laut Gunung Kelud dengan ketinggian hingga 550 ribu kaki.

"Tidak ada maskapai yang berani menerbangkan pesawatnya karena abu vulkanik Gunung Kelud sangat berbahaya bagi kinerja mesin pesawat," ujarnya.

Sementara itu, info terkait pengoperasian kembali Bandara Internasional Juanda memang banyak yang simpang siur, sehingga mengkhawatirkan sejumlah penumpang yang ingin memanfaatkan layanan penerbangan di sana.

"Bahkan, ada pula pengumuman yang beredar dari Kementerian Perhubungan bahwa Juanda kembali operasi pada pukul 14.00 WIB. Info itu juga menyebar melalui 'broadcast' perangkat BlackBerry beberapa masyarakat sehingga mereka bingung kapan tepatnya dibuka kembali," katanya.

Bandara Juanda Surabaya itu ditutup sejak Jumat (14/2/2014) akibat erupsi gunung Kelud pada Kamis (13/2/2014) dini hari, sehingga penumpang dari berbagai daerah tertunda.

Misalnya, lebih dari 2.000 orang penumpang pesawat tujuan Kupang-Surabaya yang tertahan di Bandara El Tari Kupang, rata-rata setiap hari ada lebih dari 1.000 orang penumpang berangkat ke Surabaya.

"Setiap hari ada enam kali penerbangan ke arah Surabaya dengan rata-rata lebih dari 1.000 penumpang," kata Airport Duty Manager (ADM) PT Angkasa Pura I Kupang, Gabriel Lusi Keraf.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gunung kelud Gunung Kelud Meletus

Sumber : Antara

Editor : Linda Teti Silitonga
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top