Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JELAJAH PANTURA: Kondisi Jalan di Pemalang & Batang Rusak Parah

Jalur Pantai Utara Pulau Jawa di Kabupaten Pemalang dalam kondisi rusak parah dengan banyak lubang di sepanjang jalan.
jalan rusak
jalan rusak

Bisnis.com, BATANG - Jalur Pantai Utara Pulau Jawa di Kabupaten Pemalang dalam kondisi rusak parah dengan banyak lubang di sepanjang jalan.

Waktu tempuh dari Brebes-Tegal-Pemalang ditempuh sekitar 2,5 jam -masih dalam standar waktu normal, apalagi menggunakan truk box. Waktu tempuh Brebes-Pemalang untuk kondisi normal sekitar 1,5-2 jam untuk mobil pribadi.

Tim Bisnis Jelajah Pantura memulai perjalanan dari Brebes (Losari) sekitar pukul 00.48 WIB. Dari sana, Bisnis melanjutkan perjalanan ke arah timur, memasuki Kota Brebes, Tegal, hingga Pemalang.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk sampai Pemalang sekitar dua jam setengah, dengan kecepatan rata-rata 40 Km per jam. Pada rute ini, arus lalu lintas tidak begitu ramai, hingga truk box bisa bermanuver susul menyusul.

Jarak yang mencapai 97 Km, antara Losari di Kabupaten Brebes dan Subah di Kabupaten Batang bisa menghabiskan waktu sekitar lima setengah jam mengendarai truk barang.

Sepanjang jalur Brebes hingga Tegal, kerusakkan jalan sangat variatif. Hal ini dikarenakan terdapat sisi jalan, mayoritas bahu kanan, merupakan beton.

Kerusakan jalan umumnya disebabkan tambalan aspal yang menggelembung hingga mencapai 2-3 cm, dan panjang rata-rata 2 meter. Lubang-lubang jalan tidak memiliki kedalaman yang menghambat putaran roda truk.

Kondisi berubah saat memasuki rute Pemalang. Terdapat banyak jalan yang rusak, berlubang, dan bergelombang. Seperti halnya dengan kerusakan yang terjadi di Pamanukan, Jawa Barat.

Lubang jalan hampir mencapai rata-rata kedalaman sekitar 10 cm, dengan ukuran paling panjang mencapai 5 meter.

Titik paling parah terdapat di sekitar Bypass Pemalang, sebagai lintasan pengalihan agar truk tak memasuki pusat kota. Bahkan, banyak truk yang terpaksa mengambil jalur paling kanan, meski menerjang belukar batu dan tanah, daripada terjebak di lubang-lubang jalan tersebut.

Rute jalan sepanjang Kabupaten Pekalongan umumnya tidak terlalu parah, kerusakkan bisa disejajarkan dengan Brebes dan Tegal. Namun memasuki Kabupaten Batang, kerusakan dengan lubang berukuran raksasa dan memanjang kembali ditemui.

Terlebih di sekitaran Subah, tempat singgah supir truk paling Timur sebelum memasuki Weleri, yang memisahkan Batang dengan Kendal. Di titik ini, kerusakan jalan seperti menggeroak, ditambahi dengan lubang dangkal yang berceceran di sisi jalan.

Setidaknya dari jarak keseluruhan Losari (Brebes) hingga Subah (Batang) kira-kira 20% kondisi jalan memprihatinkan. Hal ini menghambat perjalanan melipatganda waktu tempuh normal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Kahfi
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper