Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hilirisasi Industri Rumput Laut Butuh Road Map Khusus

Pemerintah perlu kembali mematangkan lagi program hilirisasi rumput laut dengan membuat road map khusus agar komditas rumput laut mampu bernilai tambah dan memberikan devisa bagi negara.

Bisnis.com, JAKARTA—Pemerintah perlu kembali mematangkan lagi program hilirisasi rumput laut dengan membuat road map khusus agar komditas rumput laut mampu bernilai tambah dan memberikan devisa bagi negara.

Ketua Umum Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI) Safari Azis mengatakan program hilirisasi perencanaannya belum matang karena belum jelas siapa yang bertanggung jawab mengurus indutrialisasi itu.

“Kami berharap pemerintah membuat program yang tidak bersifat politis saja, program hilirisasi harus dikawal dengan serius dan seharusnya ada blueprint atau road map khusus. Potensi rumput laut bagi petani dan pelaku industri sangat besar,” katanya, Sabtu (8/2/2014).

Oleh karena itu, sambungnya, lebih mematangkan lagi program hilirisasi rumput laut. Menurutnya, daya saing industri nasional masih jauh bila dibandingkan dengan negara lain. Hal itu terlihat dari 70% produks terserap ekspor.

Safari juga mengungkapkan, saat ini perizinan bagi Industri pengolahan rumput laut yang beroperasi cenderung disulitkan karena setidaknya harus memiliki 14 macam surat izin yang dikeluarkan oleh antar Kementerian/lembaga yang berbeda-beda sehingga menyebabkan biaya tinggi.

“Pemerintah bisa saja membuat program, tapi harusnya bertanggung jawab dalam implementasinya agar program itu bisa jalan. Intinya pemerintah harus memikirkan agar semuanya bisa efisien, tidak high cost, serta adanya jaminan dukungan sinergi antar departemen,” tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper