Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Portlink 3 Mulai Beroperasi di Merak

Kapal motor penyeberangan Portlink 3 mulai beroperasi di Pelabuhan Merak, Banten sejak Kamis (6/2/2014). Kapal ini akan beroperasi hingga Maret mendatang
Ilustrasi/Bisnis
Ilustrasi/Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA- Kapal motor penyeberangan Portlink 3 mulai beroperasi di Pelabuhan Merak, Banten sejak Kamis (6/2/2014). Kapal ini akan beroperasi hingga Maret mendatang.

Humas PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Anis Adi Nizam menginformasikan beroperasinya KMP Portlink 3 untuk menggantikan KMP Jatra 3 yang tengah melakukan perawatan rutin (docking). Karena itu, Portlink 3 akan melayani rute Merak-Bakauheni.

Izin operasi untuk menggantikan KMP Jatra 3 sudah ada karena itu kapalnya bisa beroperasi,” ujarnya Jumat (7/2/2014).

KMP Portlink 3 didatangkan bersama Portlink 5 dan 7 pada Oktober 2013 lalu.Portlink 3 dan 5 rencananya ditempatkan pada lintasan Merak-Bakauheni, sementara Portlink 7 untuk lintasan Lembar-PAdangbai. Hingga kini ketiga kapal itu belum mendapatkan izin operasi secara permanen dari Kementerian Perhubungan.

Terjadi tarik ulur terkait izin operasi ketiga kapal tersebut. Direktur Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Sudirman Lambali mengatakan ketiga kapal tersebut belum mengantongi izin prinsip sebagai syarat untuk mendatangkan ketiga kapal tersebut. Padahal, menurut Andi, izin prinsip ketiga kapal tersebut sudah turun sehingga PT. ASDP berani mendatangkan ketiga kapal tersebut.

Menurut Sudirman Lambali, izin prinsip bertujuan untuk melihat jumlah trayek pada sebuah lintasan agarr tidak menganggu pelaku penyeberangan lainnya. Jika terjadi kepadatan, lanjutnya pihaknya bisa diprotes karena jalur-jalur itu bersifat komersil.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper