Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Banjir Jakarta Gerus Load Factor Penerbangan Malang 20%

Banjir yang melanda Jakarta berdampak buruk bagi maskapai penerbangan dari Bandar Udara Abdulrahman (Abd) Saleh Malang, Jawa Timur.
perkembangan pariwisata dan bisnis perhotelan di Malang juga banyak terdongkrak faktor keberadaan Bandara Abd. Saleh Malang. /bisnis.com
perkembangan pariwisata dan bisnis perhotelan di Malang juga banyak terdongkrak faktor keberadaan Bandara Abd. Saleh Malang. /bisnis.com

Bisnis.com, MALANG - Banjir yang melanda Jakarta berdampak buruk bagi maskapai penerbangan dari Bandar Udara Abdulrahman (Abd) Saleh Malang, Jawa Timur.

Akibat banjir tersebut tingkat load factor atau keterisian penumpang pesawat terbang tujuan Malang-Jakarta menjadi tergerus sekitar 20% dari total kapasitas tempat duduk yang ada.

Muhammad Yusri Hansyah, District Manager Sriwijaya AirBranch Malang, mengatakan penurunan penumpang di maskapai tempatnya tidak hanya dialami rute Malang-Jakarta saja, melainkan juga Jakarta-Malang.

“Banjir memang berdampak cukup serius bagi penerbangan kami. Karena itu harapannya banjir di Jakarta segera normal,” kata Yusri di Malang, Rabu (22/1/2014).

Tingkat load factor tujuan Malang-Jakarta selama ini rata-rata mencapai 85%. Dan mayoritas penumpang ke Jakarta adalah untuk urusan bisnis, pariwisata, maupun pendidikan.

Akibat banjir maka penumpang baik dari Malang ke Jakarta atau sebaliknya lebih menunda jadwal keberangkatannya sambil menunggu perkembangan banjir yang terjadi di Jakarta.

“Rute Malang-Jakarta memang favorit. Dan kami memiliki tiga kali jadwal penerbangan dari Abd. Saleh,” jelas dia.

Jadwal penerbangan Malang-Jakarta tersebut pukul 08.40, 12.30, dan 14.40. Tingginya load factor juga membuat Sriwijaya mengajukan izin penambahan slot penerbangan menjadi empat kali dalam sehari.

Selain itu saat ini Sriwijaya juga tengah mengajukan izin penerbangan rute Malang-Balikpapan. Izin sudah diajukan ke pihak otorita bandara Abd. Saleh. Jika turun maka Sriwijaya menyatakan langsung siap terbang.

“Harapannya izin bisa segera turun. Kalau misalkan turun dalam minggu ini, maka kita siap untuk terbang ke sana,” ujarnya.

Menurutnya pengajuan slot penerbangan Malang-Balikpapan tersebut dinilai  prospektif karena sekitar 20% penerbangan Surabaya-Balikpapan dari Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya merupakan penumpang dari Malang.

Trafik penumpang ke Balikpapan cukup bagus karena banyak pekerja dari Malang yang bekerja di sana. Selain itu mahasiswa asal Balikpapan dan sekitarnya banyak yang kuliah di Malang.

Ad Satria, Regional Director of Sales Marketing and Distribution Accor Indonesia, Malaysia, dan Singapore, mengatakan perkembangan pariwisata dan bisnis perhotelan di Malang juga banyak terdongkrak faktor keberadaan Bandara Abd. Saleh Malang.

“Karena itu jika Bandara Abd. Saleh meningkat statusnya menjadi bandara internasional maka akan semakin menggairahkan bisnis perhotelan di Malang. Kondisi ini menjadi salah satu alasan kenapa kami membuka hotel di Malang,” tambah Adi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Sofi’I

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper