Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Multi Bintang Investasikan Rp210 Miliar Ekspansi Pabrik

Produsen minuman beralkohol PT Multi Bintang Indonesia Tbk menginvestasikan Rp210 miliar untuk membangun pabrik baru khusus minuman berkarbonasi atau non alkohol di area industri Sampang Agung, Mojokerto, Jawa Timur.

Bisnis.com, MOJOKERTO--Produsen minuman beralkohol PT Multi Bintang Indonesia Tbk menginvestasikan Rp210 miliar untuk membangun pabrik baru khusus minuman berkarbonasi atau non alkohol di area industri Sampang Agung, Mojokerto, Jawa Timur.

Presiden Komisaris Multi Bintang Indonesia Cosmas Batubara mengatakan pembangunan pabrik baru berkapasitas 500.000 hektoliter per tahun itu akan rampung dalam waktu empat bulan atau beroperasi pada Mei 2014.

"Produksi minuman kami di Tangerang pernah dihentikan karena proses produksinya berada dalam satu lingkungan pabrik minuman beralkohol. Akhirnya kami memisahkan antara pabrik minuman alkohol dengan non alkohol di sana, begitu juga pabrik kami di Mojokerto,” jelasnya usai acara ground breaking pabrik Multi Bintang Indonesia, di Mojokerto, Jawa Timur, Jumat (17/1/2014).

Pabrik yang mulai dibangun tersebut merupakan pabrik ketiga setelah Tangerang, Banten (minuman beralkohol dan non alkohol), dan Sampang Agung, Mojokerto (minuman beralkohol).

Menurut Cosmas, tren permintaan minuman beralkohol dan berkarbonasi cukup meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Untuk itu, perusahaan akan memproduksi tiga jenis minuman ringan berkarbonasi di Mojokerto yakni GreenSands, GreenSand Recharge, dan Bintang Zero.

“Selama ini, Multi Bintang melakukan pemasaran dalam negeri 95% dan ekspor 5%,” imbuh Cosmas.

Menteri Perindustrian M. S Hidayat mengatakan pertumbuhan industri di Indonesia pertama adalah sektor baja, makanan dan minuman (mamin), serta otomotif. Untuk itu, katanya, pemerintah mendukung penuh bentuk perluasan industri mamin setiap tahun terutama menyebar di berbagai daerah.

“Industri makanan minuman jadi andalan kita, apalagi berbasis agro sebagai program hilirisasi. Dengan brand yang sudah dimiliki Multi Bintang, mereka akan bisa mengintensifkan untuk ekspor,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Peni Widarti
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper