Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tanggap Darurat: Bandara Husein Bandung Catat Rekor 2 Menit 40 Detik

Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menyelesaikan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) atau airport emergency plan dengan waktu tanggap darurat 2 menit 40 detik.

Bisnis.com, JAKARTA—Bandara Husein Sastranegara, Bandung, menyelesaikan latihan Penanggulangan Keadaan Darurat (PKD) atau airport emergency plan dengan waktu tanggap darurat 2 menit 40 detik.

General Manager Bandara Husein Sastranegara Yayan Hendrayani mengatakan waktu standar respon yang dibukukan Bandara Husein lebih baik dari waktu respon standar ICAO (International Civil Aviation Organization) selama 3 menit.

“Waktu tanggap darurat atau emergency response time dihitung mulai dari dibunyikannya tanda peringatan atau crash bell oleh pihak air traffic controller hingga api di pesawat berhasil dipadamkan 90%,” katanya dalam siaran pers hari ini, Selasa (10/12/2013).

Latihan PKD Bandara Husein Sastranegara dengan sandi Manuk Dadali melibatkan 500 personil di antaranya berasal dari unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran (PKPPK), POM TNI AU Landasan Udara Husein Sastranegara, Dinas Kebakaran, rumah sakit terdekat, maskapai, dan pihak terkait lain.

Sebagai perbandingan, latihan PKD di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, pada 5 Desember lalu mencatatkan waktu tanggap darurat lebih cepat yakni 2 menit 21 detik, juga lebih baik dari standar 3 menit yang ditetapkan ICAO.

Dalam latihan di Bandung ini, diskenariokan pesawat Triplex Air jenis Airbus A320 beregistrasi PK-TPX mengalami hard landing atau menyentuh landasan dengan keras sehingga menyebabkan pecah ban sebelah kiri.

Pesawat langsung oleng ke kiri dan terus meluncur dengan kondisi sayap dan mesin pesawat bergesek dengan landasan sehingga menimbulkan percikan api lalu terbakar.

Pesawat tersebut membawa 100 penumpang, bertolak dari Bandara Changi Singapura pada pukul 09.00 WIB.

Setelah crash bell berbunyi, unit Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran langsung meluncur untuk memadamkan api di pesawat. Lalu unit lain juga ikut membantu untuk mengevakuasi korban, memberi pertolongan pertama, dan lainnya.

Endang Sumiarsa, Direktur Operasional Kebandarudaraan PT Angkasa Pura II, mengatakan latihan PKD ini digelar setiap 2 tahun sekali di 13 kantor cabang perseroan.

Bandara Husein Sastranegara sudah menggelar tiga kali latihan PKD yakni bertajuk Kujang I pada 2009, lalu Kujang II pada 2011, dan Manuk Dadali pada tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : M. Tahir Saleh
Editor : Sutarno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper