Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

RSPO Beri Sertifikat 850.000 Ha Lahan Sawit Indonesia

Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) telah memberikan sertifikat untuk 850.000 hektare lahan sawit di Indonesia atau 48% dari 1,8 juta ha lahan di seluruh dunia.

Bisnis.com, MEDAN--Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO) telah memberikan sertifikat untuk 850.000 hektare lahan sawit di Indonesia atau 48% dari 1,8 juta ha lahan di seluruh dunia.

Indonesia tercatat sebagai penerima sertifikat RSPO terluas di dunia meskipun masih terbilang sedikit dibandingkan total luas lahan sawit di Tanah Air yang mencapai 9 juta ha.

Dari 850.000 Ha perkebunan kelapa sawit yang mendapat sertifikat itu dimiliki oleh 38 perusahaan perkebunan.

Perusahaan tersebut antara lain berada di Sumatra Utara seperti Bakrie Sumatra Plantation, London Sumatra Plantation, Asian Agri, Musim Mas, Sinar Mas, Austindo Nusantara Jaya Agri, Tolan Tiga, PTPN III, PTPN IV dan Wilmar.

Desi Kusumadewi, Direktur RSPO Indonesia, mengatakan sebagai produsen sawit terbesar di dunia bersama Malaysia, Indonesia berkomitmen terus meningkatkan sertifikasi RSPO.

Menurutnya RSPO memiliki tujuan untuk mempromosikan praktik produksi minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) berkelanjutan. Hal itu dimaksudkan untuk mengurangi deforestasi, melestarikan keanekaragaman hayati dan menghargai kehidupan masyarkat di negara-negara penghasil CPO.

Anggota RSPO menjamin tidak adanya hutan primer baru ataupun kawasan yang bernilai tinggi lainnya dikorbankan untuk perkebunan kelapa sawit.

RSPO secara proaktif telah terlibat dengan petani kelapa sawit, pengolah sawit, perusahaan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan investor untuk bekerjasama menuju pasokan minyak sawit global yang diproduksi dengan bertanggungjawab secara sosial dan lingkungan.

"Hal ini juga yang membuat lahan sawit yang sudah RSPO terus meningkat dari hanya 100.000 Ha pada tahun 2008 menjadi 1,8 juta Ha hingga Juli 2013," paparnya, Senin malam (11/11/2013).

Dia menuturkan masih banyaknya kampanye hitam pada industri kelapa sawit hingga saat ini terutama dari Eropa memerlukan kerja sama dari semua pemangku kebijakan.

Hingga Juli 2013, produksi CPO dunia mencapai 9 juta ton yang tersebar di berbagai negara penghasil utama.

Pada September 2013, Indonesia tercatat sebagai produsen CPO terbesar dengan menghasilkan 4,3 juta ton atau 48% produksi dunia.

RSPO mencatat dari 1.300 anggota di seluruh dunia, Indonesia menempati urutan terbanyak ketiga dengan 110 perusahaan setelah Jerman dan Inggris. Malaysia yang juga produsen terbesar CPO menempati urutan keempat.

Adapun untuk pabrik kelapa sawit (PKS) yang mendapat sertifikat RSPO sebanyak 212 PKS di dunia. Sebanyak 44 PKS diantaranya berada di Indonesia.  

Produk-produk yang sudah menggunaan bahan minyak kelapa sawit (CPO), kata dia, yang tersertikasi RSPO ditandai dengan logo RSPO berbentuk lingkaran bulat pelepah kelapa sawit. Jadi logo di produksi itu seperti logo produk halal.

“Kalau ada logo itu berarti bahan bakunya sudah bersertifikat RSPO,” paparnya.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sukirno
Editor : Rustam Agus

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper