Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Industri Tumbuh 6,83% Kuartal III/2013, Hidayat: Target Pasti Tercapai

Sebagian besar produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan III/2013 mengalami pertumbuhan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.
Pabrik motor/Bisnis.com
Pabrik motor/Bisnis.com

Bisnis.com, JAKARTA - Sebagian besar produksi industri manufaktur besar dan sedang pada triwulan III/2013 mengalami pertumbuhan bila dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Adapun pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan III/2013 naik sebesar 6,83 %.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) kenaikan tersebut terutama disebabkan naiknya produksi industri pencetakan dan reproduksi media rekaman 11,82 %, industri pakaian jadi tumbuh 9,23 %, dan industri kendaraan bermotor, trailer, dan semi trailer meningkat 8,69 %.

Selain itu, pertumbuhan juga terjadi pada produksi industri furnitur 8,28%, industri peralatan listrik naik 8,12%, kemudian industri komputer, barang elerktronik dan optik tumbuh 8,06% dan industri makanan tumbuh 7,58%.

Lalu, produksi barang logam, bukan mesin dan peralatannya juga tumbuh 7,46%, produksi kulit, barang dari kulit, dan alas kaki meningkat 5,81%.

Adapun, produksi industri bahan kimia dan barang dari kimia naik 5,43% dan industri kayu, barang dari kayu dan gabus (tidak termasuk furnitur) dan barang anyaman dari bambu, rotan, dan sejenisnya naik 5,15%.

Kenaikan produksi juga terjadi pada industri barang galian bukan logam mencapai 4,15%, produksi logam dasar naik 3,56%, produksi alat angkutan lainnya tumbuh 2,48%. Kemudian, produksi mesin dan perlengkapannya naik 1,86% dan produksi minuman juga naik tipis 0,81%.

Sementara itu, jenis-jenis industri yang mengalami penurunan produksi adalah industri tekstil turun 6,99 %, industri jasa reparasi dan pemasangan mesin dan peralatan turun 4,17%, dan industri kertas, dan barang dari kertas turun 2,21%.

Adapun, jenis industri lainnya yang mengalami penurunan produksi hanya industri farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional turun 1,99%, industri pengolahan lainnya turun 1,84% dan industri pengolahan tembakau turun 0,52%. Bila diperhatikan, penurunan produksi yang terjadi tidak begitu signifikan.

Bila dibandingkan dengan pertumbuhan triwulan III/2012, pertumbuhan pada periode ini cukup besar bisa mencapai 6,83%.
Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang pada periode yang sama tahun lalu hanya 1,62%. Begitu juga dibandingkan dengan pertumbuhan produksi pada triwulan II/2013 yang mencapai 6,77%.

Menteri Perindustrian M.S. Hidayat mengatakan pertumbuhan industri pengolahan non-migas selama 2013 cukup menggembirakan dan sesuai dengan harapan.

Menurutnya, sampai dengan semester I/2013, industri pengolahan non-migas mengalami pertumbuhan sebesar 6,58%, lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan PDB Nasional yang sebesar 5,92 %.

“Dengan target pertumbuhan industri non-migas 2013 sebesar 6,5%, pemerintah optimistis bahwa target tersebut akan mampu dicapai pada akhir tahun ini,” kata Hidayat, Kamis (6/11/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Riendy Astria
Editor : Sepudin Zuhri
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper