Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kapal Tanker Danai 4 Ditemukan, Tapi Kargonya Raib

Kapal pengangkut minyak jadi (oil product tanker) Danai 4 akhirnya berhasil ditemukan, tapi kargonya hilang.
Akhmad Mabrori
Akhmad Mabrori - Bisnis.com 20 Oktober 2013  |  00:29 WIB
Kapal Tanker Danai 4 Ditemukan, Tapi Kargonya Raib
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA -  Kendati  kapal pengangkut minyak jadi (oil product tanker) Danai 4 akhirnya berhasil ditemukan, kargo yang diangkut berikut suku cadang dan peralatan kapal serta barang-barang berharga milik anak buah kapal atau ABK raib.

Demikian dilaporkan oleh Information Sharing Center-Regional Cooperation Agreement on Combating Piracy and Armed Robbery Against Ships in Asia (ReCAAP) di Singapura.

“Danai 4, berbendera Thailand dan bernomor IMO 8613530, memang telah berhasil ditemukan. Seluruh ABK selamat tetapi kargo, suku cadang dan peralatan kapal serta barang-barang berharga milik kru kapal hilang digondol perampok,” jelas Amy Fang, manajer komunikasi ISC-ReCAAP dalam surat elektroniknya yang diterima Pusat Informasi Keamanan Maritim Indonesia (Pikmi).

Pikmi adalah sebuah unit di bawah The National Maritime Institute/Namarin yang khusus  membidangi informasi aksi kejahatan terhadap kapal. Pikmi merupakan mitra ISC-ReCAAP di Indonesia.

Sebelumnya, dalam incident alert-nya ISC-ReCAAP menginformasikan bahwa otoritas keamanan maritim Thailand telah melaporkan kepada mereka terkait hilangnya kontak antara pemilik (owner) dengan tanker Danai 4.

Kontak terakhir berlangsung saat kapal berada pada posisi 1° 35.48’ N, 104° 34.08’ E, atau sekitar 17.78 mil laut arah timur laut dari Tanjung Penawar, Malaysia.

“Danai 4berangkat dari Singapura pada 9 Oktober dan direncanakan anchorage (lego jangkar) di lepas pantai Vietnam untuk alihmuatan pada 12 Oktober. Kapal tersebut mengangkut muatan berupa marine gas oil dan diawaki oleh 15 kru. Danai 4 ditemukan di Pulau Aur, Malaysia, Selasa, 15 Oktober,” ungkap Moh Yasin, Kepala Pikmi, melalui siaran pers-nya yang diperoleh Bisnis hari ini, Sabtu (19/10/2013).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

kapal
Editor : Sutarno
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top