Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rupiah Melemah, Paket Inbound Dijual dengan Dolar AS

Bisnis.com, DENPASAR - Pebisnis biro perjalanan di Bali mulai mengutamakan penjualan inbound dengan menggunakan dolar AS, karena dinilai lebih menguntungkan di tengah melemahnya nilai tukar rupiah. Ketut Ardana, Ketua Association of Indonesian Tour and

Bisnis.com, DENPASAR - Pebisnis biro perjalanan di Bali mulai mengutamakan penjualan inbound dengan menggunakan dolar AS, karena dinilai lebih menguntungkan di tengah melemahnya nilai tukar rupiah.

Ketut Ardana, Ketua Association of Indonesian Tour and Travel Agencies (Asita) Bali, mengatakan saat ini pengusaha travel agent memilih beralih menerapkan satuan harga kurs dolar untuk penjualan paket tour, khususnya inbound.

“Sebenarnya keuntungannya masih relatif normal, sekitar 10% saja. Keuntungan itu tidak selamanya berimbas positif, karena tarif masih fluktuatif  juga bisa membuat pengusaha justru tidak mendapat untung sama sekali,” ujarnya, Kamis (22/8).

Dia menjelaskan melemahnya rupiah yang mendapat keuntungan adalah pihak-pihak yang menjual paket inbound karena pemberlakuan tarif dari luar ke dalam negeri pada dasarnya memang memakai dolar. Terlebih banyak wisatawan mancanegara yang datang secara grup, jadi biaya penambahannya semakin menguntungkan.

“Jika pengusaha travel yang menjual  paket outbound dan inbound baru benar-benar bisa mendapat untung. Di Bali, hanya sekitar 20% saja pengusaha semacam itu dari 370 jumlah anggota Asita,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper