Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Konstruksi Hijau Harus Jadi Prioritas

g-catconstruction.infoBisnis.com, JAKARTA—Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak berharap industri konstruksi Indonesia dapat berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi pemanasan global melalui implementasi green construction.

g-catconstruction.info

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Menteri Pekerjaan Umum (PU) Hermanto Dardak berharap industri konstruksi Indonesia dapat berkontribusi secara signifikan untuk mengurangi pemanasan global melalui implementasi green construction.

Dia menyebutkan internalisasi dari green concepts dapat dilihat dari tiga perspektif berbeda. Pertama pada proses konstruksi yang biasanya menggunakan energi dalam jumlah yang sangat besar dan juga menghasilkan emisi gas.

“[Pada perspektif ini ] pengembangan green buildings harus dapat menambahkan nilai pada tiap proses selanjutnya. Jadi bagaimana menciptakan rantai nilai yang memberikan keuntungan bagi pengguna dan lingkungan di infrastruktur di sekitarnya,” katanya di Jakarta, Selasa (20/8/2013).

Kedua, jelasnya, internalisasi konsep hijau juga dapat dilihat dari perspektif green components pada pengembangan perkotaan.

“Ini dapat direalisasikan melalui pengembangan 8 urban subsystem, yakni perencanaan perkotaan hijau, ruang terbuka hijau, masyarakat hijau, green waste (limbah hijau), transportasi hijau, green water, energi hijau dan bangunan hijau,” terangnya.

Ketiga, lanjutnya, internalisasi konsep hijau melalui tingkatan dan kharakter spasial, yakni penataan kewilayahan, kota, region, lingkungan tempat tinggal, dan building footprints.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Fatkhul Maskur

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper