Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Jalur Mudik: Pejagan Km. 93 Sebabkan Kemacetan 10 Km

Bisnis.com, BREBES - Proses perbaikan jalan di Pejagan kilometer  93 dalam rangkaian jalur pantai Utara (Pantura) pulau Jawa menyebabkan kemacetan hingga 10 km di ruas Brebes—Losari hari ini, Selasa (16/7/2013).
Oktaviano DB Hana
Oktaviano DB Hana - Bisnis.com 16 Juli 2013  |  19:18 WIB
Jalur Mudik:  Pejagan Km. 93 Sebabkan Kemacetan  10 Km

Bisnis.com, BREBES - Proses perbaikan jalan di Pejagan kilometer  93 dalam rangkaian jalur pantai Utara (Pantura) pulau Jawa menyebabkan kemacetan hingga 10 km di ruas Brebes—Losari hari ini, Selasa (16/7/2013).

Jalan Ambles Brebes-Losari Kilometer 93

Indikator

Keterangan

Kerusakan

Ambles 2 kilometer

Perbaikan hinga h-14

Dicor 380 meter

Dari pantauan Bisnis, antrean kendaraan dari arah Cirebon hingga titik perbaikan di Pejagan KM93 mencapai panjang 5-7 km. Begitu pula dari arah Pekalongan  sekitar 5 km menuju titik perbaikan terjadi antrian kendaraan.

Kemacetan seperti ini kerap terjadi di sepanjang hari dalam kurun waktu 3  minggu terakhir. Kemacetan dipicu adanya perbaikan jalan dan besarnya volume serta kapasitas kendaraan yang melalui jalan tersebut.

Ruas kilometer  93 Pejagan mengalami ambles akibat volume dan beban jalan yang diperparah dengan rendahnya tanah dan tingginya curah hujan yang seringkali menyebabkan air tergenang.

"Jalan ini rendah, begitu hujan pasti terendam makin ambles tanahnya. Jadi setiap tahun makin ambles. Sehingga solusinya semua akan dinaikkan dan dibeton," ungkap Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum (PU) Djoko Murjanto ketika meninjau penanganan jalur pantura di Brebes hari ini, Selasa (16/7/2013).

Untuk penanganannya dilakukan pengecoran  2 lajur yang mengarah ke Cirebon sepanjang 380 meter hingga H-14 Lebaran. Setelah Lebaran, pihaknya akan mengecor 4 ruas jalan sepanjang 1,42 km sisanya.

"Penanganannya, cor-coran dengan ketinggian tidak merata, paling rendah 50 cm. Seminggu lagi selesai.  H-14 akan lancar,"terangnya.

Selain itu di lokasi perbaikan, sebuah truk yang bermuatan terbalik di badan jalan mengarah ke Cirebon.  Saat berita ini diturunkan, petugas tengah memindahkan truk dari lokasi.

"Supirnya ngantuk, jadi truk terguling bukan karena kondisi jalan. Dan di sini macet karena lagi diaspal," imbuh Djoko.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pantura jalur mudik
Editor : Sutarno

Artikel Terkait



Berita Lainnya

    Berita Terkini

    back to top To top