Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

OP Tanjung Priok Antisipasi Penumpukan Truk

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mengambil sejumlah langkah antisipasi guna mengurangi kepadatan antrian truk yang membawa barang ekspor dan impor dari dan menuju pelabuhan.
M. Tahir Saleh
M. Tahir Saleh - Bisnis.com 13 Juli 2013  |  21:29 WIB

Bisnis.com, JAKARTA - Kantor Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok mengambil sejumlah langkah antisipasi guna mengurangi kepadatan antrian truk yang membawa barang ekspor dan impor dari dan menuju pelabuhan.

Kepala Otoritas Pelabuhan Tanjung Priok Sahat Simatupang mengatakan saat ini sudah ada tiga kapal yang tengah bongkar muat dan enam kapal berencana sandar di pelabuhan tersebut di Terminal 3.

Antrian tersebut salah satunya akibat masuknya truk kontainer untuk kegiatan ekspor dan impor tetapi timbanganya hanya satu sehingga truk itu harus antri.

“Ini menjadi salah satu yang menyebabkan kemacetan karena volume di dalam cukup tinggi,” kata Sahat dalam keterangan resmi, Sabtu (13/7).

Dia mengatakan sejumlah antisipasi yang sudah dilakukan di antaranya, pertama, menerapkan pola buka tutup di Gate In untuk membatasi truk yang berada di dalam lapangan penumpukan agar operasional lapangan (yard) tidak terganggu antrian truk.

Kedua, lokasi Gate Out dibersihkan dari operasional truk di container yard (CY) sehingga truk yang akan keluar lebih lancer.

Ketiga, menambah timbangan manual dengan menempatkan Reach Stacker-alat yang digunakan untuk mengangkat pallet atau barang yang biasa digunakan di gudang-di Gate In 305 dan langkah keempat ialah dengan merubah pola separator jalan Bitung dengan pola tiga jalur masuk satu jalur keluar.

“Demikian pula kegiatan di JICT [Jakarta International Container Terminal] juga volumenya padat untuk pemindahan ke Marunda,” katanya. Namun saat ini berangsur mengurai setelah kerja sama dengan sejumlah pihak terkait.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

peti kemas tanjung priok
Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top