Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Total Targetkan Penambahan Gas 200 MMscfd di Kuartal III

Bisnis.com, JAKARTA --Total E&P Indonesie menargetkan penambahan produksi gas sebanyak 200 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd) dari Lapangan South Mahakam pada kuartal 3-2013.Arividya Noviyanto, Vice President Human
Lili Sunardi
Lili Sunardi - Bisnis.com 10 Juli 2013  |  19:04 WIB
Total Targetkan Penambahan Gas 200 MMscfd di Kuartal III
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA --Total E&P Indonesie menargetkan penambahan produksi gas sebanyak 200 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/MMscfd) dari Lapangan South Mahakam pada kuartal 3-2013.

Arividya Noviyanto, Vice President Human Resources, Communication and General Services Total mengatakan produksi dan proyek pengembangan minyak dan gas bumi (migas) di Lapangan South Mahakam terus membaik. Hal tersebut membuat perusahaan optimistis dapat memperoleh sekitar 200 MMscfd pada kuartal 3-2013 dari blok itu.

"Sesuai dengan yang kami katakan, sejauh ini proyek pengembangan migas di Lapangan South Mahakam berjalan baik. Hal itu terlihat dari laju penurunan produksi di blok itu yang terus mampu kami tahan," katanya di Jakarta, Rabu (10/7).

Noviyanto mengungkapkan hingga semeter 1-2013 ini Total juga telah melakukan pengeboran sekitar 55 dan melakukan sekitar 5.000 well services untuk menahan penurunan produksi alamiah Blok Mahakam yang mencapai 50%. Blok migas yang masa kontraknya akan habis pada 2017 itu memang salah satu blok yang memiliki tingkat penurunan produksi alamiah tinggi karena sudah diproduksi sejak 40 tahun lalu.

Menurutnya, Total akan berusaha mempertahankan produksi gasnya di kisaran 1.680 MMscfd seperti yang telah disepakati dalam program kerja dan anggaran (work program and budget/WP&B) 2013. Sementara untuk produksi minyak bumi dan kondesat perusahaan asal Perancis itu menargetkan produksi sebesar 69.000-70.000 barel setara minyak per hari.

Sementara untuk realisasi investasi, Noviyanto menyebutkan saat ini Total telah menghabiskan separuh dari keseluruhan komitmen invetasinya tahun ini. Dalam WP&B 2013, Total memiliki komitmen invetasi sebesar US$2,5 miliar dengan rincian dialokasikan untuk kegiatan eksplorasi dan pengembangan sebanyak US$1,19 miliar, kegiatan produksi US$1,18 miliar, dan US$130 juta untuk general dan administrasi.

Komitmen invetasi dalam WP&B 2013 itu juga rencananya akan digunakan untuk mengebor 137 sumur pengembangan, 24 studi G&G eksploitasi, kegiatan workover 109 sumur, dan well services sebanyak 9.945 pekerjaan untuk 1.946 strings.

Selain itu, Total juga saat ini sedang melakukan pengeboran sumur eksplorasi di Blok West Papua. Saat ini, perusahaan baru saja mengebor satu sumur eksplorasi dengan investasi menapai US$40 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

blok mahakam total e&p indonesie
Editor : Others
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top