Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

MUDIK LEBARAN: Jalan Pantura Kembali Diperbaiki

Jalur pantura Foto:JIBIBISNIS.COM, JAKARTA – Pemerintah mulai melakukan persiapan menghadapi mudik Lebaran dengan fokus memperbaiki jalan di sepanjang pantai utara Jawa.

Jalur pantura Foto:JIBI

BISNIS.COM, JAKARTA – Pemerintah mulai melakukan persiapan menghadapi mudik Lebaran dengan fokus memperbaiki jalan di sepanjang pantai utara Jawa.

Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan pihaknya mempercepat penyelesaian pekerjaan di titik-titik yang selama ini memiliki beban arus mudik yang relatif tinggi di pantura.

Sejumlah proyek yang sedang dipercepat penyelesaiannya, a.l. jalan layang (flyover) Kalibanteng, Semarang, tol Semarang-Solo seksi Ungaran-Bawen, jalan lingkar Pati dan flyover Pasar Kembang, Surabaya.

Perbaikan di titik-titik krusial di pantura itu dikejar agar H-10 Lebaran sudah selesai.

“Di pantura, yang kami utamakan tentunya lokasi-lokasi perbaikan jembatan. Itu kami percepat. Ada beberapa yang memang maksimal harus dipercepat, misalnya flyover Kalibanteng untuk masuk ke Semarang. Itu selesai sebelum Lebaran,” ujarnya seusai rapat koordinasi Komite Kebijakan Percepatan Penyediaan Infrastruktur (KKPPI) di Kementerian Perekonomian, Jumat (17/5).

Kementerian PU juga memperluas perbaikan jalan hingga ke Sumatra bagian utara. Semula, pemerintah hanya fokus di Sumatra bagian selatan dan tengah. Perbaikan pun dilakukan di jalur Kalimantan Tengah-Kalimantan Selatan, terutama jalur Palangkaraya-Banjarmasin yang kerap terendam banjir.

Untuk mengurangi kemacetan di Cikampek, jalan alternatif disiapkan sebelum Simpang Jomin, khususnya untuk pengendara sepeda motor.

Hermanto enggan menyebutkan anggaran perbaikan jalan untuk mengantisipasi mudik Lebaran tahun ini. Dia hanya menyebutkan dana itu diambil dari anggaran kebinamargaan yang senilai Rp1 triliun tahun ini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sri Mas Sari
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper