Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penerbangan Muara Teweh - Banjarmasin Dimintai Masyarakat

BISNIS.COM, BARITO UTARA -- Penerbangan maskapai Aviastar yang melayani rute Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sebaliknya sejak dibuka pada 16 April 2013, diminati warga. "Sejak dibuka rute

BISNIS.COM, BARITO UTARA -- Penerbangan maskapai Aviastar yang melayani rute Muara Teweh, Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah, ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan sebaliknya sejak dibuka pada 16 April 2013, diminati warga.

"Sejak dibuka rute Muara Teweh - Banjarmasin hingga kini penumpang selalu penuh," kata seorang petugas Bandara Beringin Muara Teweh, Sidik, Minggu (5/5/2013)

Menurut dia, penerbangan itu menggunakan pesawat jenis twin otter, berpenumpang 22 orang, dengan frekwensi dua kali sepekan yakni setiap Selasa dan Kamis, dengan harga tiket Rp350.000 yang menggunakan sistem subsidi dari pemerintah.

Murahnya harga tiket itu membuat setiap penerbangan selalu padat, bahkan kalau bepergian harus pesan (booking) jauh-jauh hari.

"Melihat tingginya animo masyarakat yang bepergian ke Muara Teweh maupun ke Banjarmasin, diharapkan tahun depan ada penambahan frekwensi penerbangan," kata Sidik.

Sidik mengatakan, selain jalur Muara Teweh - Banjarmasin, Aviastar juga melaynai penerbangan bersubsidi yang sudah dilakukan tahun sebelumnya untuk rute Muara Teweh - Palangka Raya juga Selasa dan Kamis dengan harga tiket dewasa Rp273.300 dan bayi (infant) Rp32.730.

"Rute baru oleh Avistar ke Banjarmasin ke Palangka Raya ini dapat menambah maskapai yang beroperasi di daerah ini," kata dia.

Saat ini, penerbangan rute Bandara Beringin Muara Teweh hanya dilayani maskapai Susi Air dengan tujuan Muara Teweh-Banjarmasin, Kalimantan Selatan dan Muara Teweh-Balikpapan, Kalimantan Timur setiap hari menggunakan pesawat jenis cessna.

"Rute ini bukan penerbangan reguler melainkan pesawat carteran perusahaan tambang batu bara, namun bagi warga yang ingin menggunakan jasa penerbangan itu tetap bisa dengan harga tiket mahal sekitar Rp1 juta lebih per orang," katanya.

Seorang warga Muara Teweh, Hanafi mengatakan tingginya animo masyarakat menggnakan pesawat Aviastar rute Muara Teweh - Banjarmasin membuatnya harus pesan satu minggu sebelumnya.

"Ketika saya mau pulang dari Banjarmasin ke Muara Teweh, pesawat penuh, sehingga saya booking satu minggu kedepan," katanya.

Dibukanya penerbangan Aviastar ke daerah ini sangat membantu warga karena selama ini transportasi udara merupakan jasa angkutan alternatif yang cepat terutama di Kabupaten Barito Utara yang letaknya di pedalaman Kalteng.

"Kalau kami menggunakan angkutan darat, jarak tempuh ke Banjarmasin paling cepat sembilan jam sedangkan Palangka Raya sekitar enam jam," katanya. (Antara/dot)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Sumber : Newswire
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper