Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PRODI METROLOGI: Kemendag-ITB Buka Program Studi Metrologi&Instrumentasi

BISNIS.COM, BANDUNG-Kementerian Perdagangan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (metrologi). Program itu berupa kedinasan setingkat diploma

BISNIS.COM, BANDUNG-Kementerian Perdagangan menggandeng Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di bidang alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (metrologi).

Program itu berupa kedinasan setingkat diploma III program studi Metrologi dan Instrumentasi yang akan ditangani oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemetrologian (PPSDMK) Kemendag.

Menteri Perdagangan Gita Wirjawan mengatakan kemitraan dengan ITB ini menjadi akademi pertama di Indonesia dengan program studi yang mempelajari soal alat ukur, takar, timbang dan perlengkapannya (UTTP).

"Kami kesulitan mendapatkan SDM di bidang metrologi. Untuk itu, perlu intensifikasi program pendidikan tentang Metrologi," katanya seusai penandatanganan piagam kerja sama mengenai pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang SDM di Aula Barat ITB, Senin (29/4/2013).

Dia mengharapkan program studi metrologi dapat memenuhi kebutuhan SDM secara mandiri baik untuk tingkat pusat maupun di daerah, terutama bagi industri yang membutuhkan tenaga dengan keahlian khusus.

Dia memperkirakan kebutuhan akan SDM kemetrologian ke depannya akan semakin meningkat mencapai 3.000 orang. Tingginya kebutuhan SDM itu seiring bertambahnya penggunaan alat UTTP yang signifikan dengan pertumbuhan ekonomi secara nasional melalui transaksi perdagangan baik di dalam maupun luar negeri.

“Untuk itu, lembaga pendidikan kemetrologian ini sangat dibutuhkan karena lulusannya diharapkan dapat memberikan pelayanan kemetrologian yang maksimal dan profesional dalam melindungi konsumen maupu produsen dalam transaksi,” ujarnya.(k6)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Herdi Ardia
Editor : Yusran Yunus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper