Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rumah Bersih Dan Terawat, Bagaimana Caranya?

BISNIS.COM, JAKARTA -- Ingin memiliki rumah yang selalu tampak bersih dan terawat? Caranya cukup mudah. Berdayakan seluruh anggota keluarga.

BISNIS.COM, JAKARTA -- Ingin memiliki rumah yang selalu tampak bersih dan terawat? Caranya cukup mudah. Berdayakan seluruh anggota keluarga.

Menurut psikolog Rosdiana Setyaningrum, kebersihan rumah mencerminkan kondisi kesehatan penghuninya, karena rumah yang sehat akan terhindar dari berbagai bakteri penyebab penyakit dan alergi.

“Rumah yang bersih dan terawat bukan merupakan tanggung jawab seorang ibu saja, melainkan juga seluruh anggota keluarga,” ujarnya pada talkshow yang diadakan Schotch-Brite dari PT 3M Indonesia untuk program Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat, di Jakarta, Kamis (18/4/2013).

Rosdiana menuturkan pada praktiknya, pembagian peranan dantugasnya dapat dilakukan secara adil berdasarkan kemampuan masing-masing anggota keluarga, serta skala prioritasnya.

“Pembagian ini harus jelas untuk setiap anggota keluarga, sehingga masing-masing menyadari tanggung jawab dan peranannya dalam menciptakan rumah bersih terawat. Selain itu kegiatan ini juga akan meningkat kekompakan keluarga, serta memupuk kepercayaan diri si kecil,” ungkapnya.

Dia mengatakan jika ibu telah berperan dalam membersihkan rumah, maka ayah dapat membantu melakukan pekerjaan rumah yang berat, seperti masalah listrik, merapikan kebun, dan lainnya.

“Anak juga sudah diajarkan untuk membantu dan berperan. Beberapa tugas sederhana yang dapat dilakukan anak, bisa disesuaikan dengan umumnya,” katanya.

Misanya anak usia 1,5 tahun diajarkan makan dan memakai baju sendiri, merapikan mainan sendiri. Sedangkan anak usia 3-4 tahun, bisa mengatur tempat tidurnya sendiri.

Bagi anak usia 6 tahun, tambah Rosdiana, bisa membantu membereskan meja makan, dan mencuci peralatan makan yang tidak terlalu berat. Dan anak usia 9 tahun, dilatih untuk membantu menyapu, mencuci baju dengan mesin cuci, atau membuang sampah.

Alfia Wardah, Division Head Home Care Division Consumer Business PT 3M Indonesia, mengatakan rumah yang bersih dan terawat adalah rumah yang bebas debu dan tampak baru, sehingga terlihat bersinar, bebas bakteri, dan higienis.

Selain itu memiliki ventilasi baik, sehingga sirkulasi udaralancar dan pengaturan perabotan tepat, sehingga tampak rapi.

Dia mengatkan ada tiga ruangan utama dalam rumah yang harus mendapatkan pehatian lebih untuk kebersihan, yaitu dapur dan kamar mandi yang merupakan area yang paling banyak dihuni bakteri, dan juga ruang keluarga sebagai tempat inteaksi antaranggota keluarga.

Alfia menuturkan perusahaannya kembali melanjutkan kampanye Rumah bersih terawatt, dengan menghadirkan program Tantang Donna Ciptakan Rumah Bersih Terawat.

Program ini, katanya, diadakan dari 1 April hingga 31 Agustus 2013. “Kami mengajak keluarga Indonesia membiasakan membersihkan rumah dengan menggunakan alat pembersih yang tepat, sehingga memberikan hasil bersih yang terbaik

Selain itu, lanjutnya, konsumen juga bisa mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya dengan mengirimkan kemasan produk Scotch-Brite. “Pemenang utama yang memperoleh poin terbanyak, berhak mendapatkan hadiah umroh gratis, dan kunjungan Donna Agnesia untuk membersihkan rumahnya,” ungkap Alfia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper