Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NORMALISASI CILIWUNG Ditargetkan Selesai 2014

BISNIS.COM, JAKARTA--Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU menargetkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 19 Kilometer (Km) dari Pintu Air Manggarai hingga Jembatan TB Simatupang selesai paling lambat pada akhir 2014. Pekerjaan senilai lebih dari

BISNIS.COM, JAKARTA--Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PU menargetkan normalisasi Sungai Ciliwung sepanjang 19 Kilometer (Km) dari Pintu Air Manggarai hingga Jembatan TB Simatupang selesai paling lambat pada akhir 2014.

Pekerjaan senilai lebih dari Rp1,2 triliun tersebut terbagi dalam empat paket kontrak. Setelah normalisasi nantinya Sungai Ciliwung akan memiliki lebar 45-50 meter, atau empat kali lipat.
 
Direktur Sungai dan Pantai Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Pitoyo Subandrio mengungkapkan kondisi lebar Sungai Ciliwung saat ini hanya 10-15 meter.

“Sebagai contoh bagaimana jadinya setelah normalisasi, kita sudah lakukan ada 900 meter di atas Jembatan Cassablanca, nanti akan jadi seperti itu,” ujarnya , Jakarta (18/4).

 
Pekerjaan normalisasi Sungai Ciliwung tersebut juga akan dilengkapi satu paket pekerjaan pembuatan sodetan. Terowongan air sepanjang 2,15 km akan dibangun mulai dari Jalan Sensus hingga ke Kanal Banjir Timur (KBT). Alokasi dana untuk konstruksinya mencapai lebih dari Rp700 miliar.

 
Dia melanjutkan sodetan tersebut akan dibangun dengan diameter 3,5 meter. Dengan lebar sebesar itu, truk pembawa tanah hasil pengerukan bisa masuk dengan mudah. Pengeboran juga akan dilakukan secara bersamaan dari kedua arah sehingga lebih cepat selesai.

 







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Sutarno

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper