Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

AKSI EMITEN: PGN Teken Kontrak Pipa Baja US$36 juta

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Perusahaan Gas Negara Tbk menandatangani pengadaan pipa baja untuk jaringan distribusi Bitung-Cimanggis (Ringline 2) sepanjang 90 km senilai US$36 juta.Djoko Saputro, Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN menjelaskan pipa baja
Dimas Novita Sari
Dimas Novita Sari - Bisnis.com 24 Maret 2013  |  13:01 WIB

BISNIS.COM, JAKARTA-PT Perusahaan Gas Negara Tbk menandatangani pengadaan pipa baja untuk jaringan distribusi Bitung-Cimanggis (Ringline 2) sepanjang 90 km senilai US$36 juta.

Djoko Saputro, Direktur Teknologi dan Pengembangan PGN menjelaskan pipa baja itu dipasok oleh KSO PT Steel Pipe Industry of Indonesia Tbk, PT KHI Pipe Industries serta PT Indal Steel Pipe dengan diameter pipa 24 inchi.

"Pengadaan pipa ini merupakan percepatan perluasan infrastruktur gas bumi dalam rangka peningkatan pemanfaatan gas bumi di Jawa Bagian Barat dan juga bukti komitmen PGN sebagai garda depan transformasi BBM ke gas bumi" ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (24/3/2013).

Saat ini PGN juga masih dalam proses penyelesaian proyek pembangunan jaringan distribusi Cikande–Bitung (CP3B). Jaringan ini merupakan bagian dari distribusi Bojonegara-Bitung.

Adapun konstruksi CP3B sudah mencapai lebih dari 55 %. Penyelesaian kedua jalur tersebut akan memperluas jangkauan penyaluran gas bumi dari pipa transmisi SSWJ yang mengalir melalui Stasiun Bojonegara yang akan disalurkan ke pelanggan di jaringan distribusi melalui offtake di Cikande dan Bitung.

Seperti diketahui sumber gas dari pipa transmisi SSWJ ke Jawa Bagian Barat dialirkan melalui dua stasiun yakni Bojonegara dan Muara Bekasi.

Proyek distribusi Bitung-Cimanggis merupakan kelanjutan kedua jaringan distribusi utama tersebut yang akan menghubungkan dengan jaringan distribusi eksisting yang telah beroperasi dari Muara Bekasi-Cimanggis.

Jaringan distribusi dari Bojonegara-Cimanggis tersebut akan dapat menyalurkan gas bumi dengan kapasitas maksimum sampai 216 MMscfd dengan penyaluran melalui offtake Cikande dan Bitung sebesar 148 MMscfd dan penyaluran ke pipeline Bitung-Cimanggis sebesar 68 MMscfd.



Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gas jabar pgn

Sumber : Dimas Novita Sari

Editor : Others

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top