Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JEMBATAN DARURAT Senilai Rp15 Miliar Dibangun Kemen PU di Brebes

BISNIS.COM, JAKARTA--Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum segera membuat jembatan darurat untuk menggantikan jembatan Pemali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang mengalami kerusakan senilai Rp15 miliar.Ditjen Bina Marga dan Dinas

BISNIS.COM, JAKARTA--Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum segera membuat jembatan darurat untuk menggantikan jembatan Pemali di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah yang mengalami kerusakan senilai Rp15 miliar.

Ditjen Bina Marga dan Dinas Bina Marga setempat telah mengadakan rapat membahas pengerjaan jembatan yang direncanakan selesai dalam seminggu kedepan.

Direktur Bina Pelaksanaan Wilayah II Ditjen Bina Marga Winarno menjelaskan jembatan darurat tersebut hanya untuk sementara waktu, sambil menyiapkan penggantian rangka dan lantai jembatan Pemali yang rusak.
 
“Maksimal pada awal April, sudah kita tenderkan,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (21/3/2013).

Penggantian rangka jembatan diperkirakan akan berlangsung selama 4 bulan. Sementara untuk penggantian lantainya akan dilakukan secara penuh pasca lebaran 2013.

Winarno menjelaskan rangka jembatan Pemali yang mengalami kerusakan memang sudah tua dan sudah memasuki waktu penggantian.

Namun, proses penggantian tidak bisa dilakukan serta-merta mengingat padatnya arus lalu lintas kendaraan yang melewati jembatan tersebut.


“Secara teori pelaksanaan baru bisa dilaksanakan kalau seluruh arus lalu lintas Tegal-Semarang bisa dialihkan ke jalan baru Brebes-Tegal bypass, yang saat ini sedang on going,” jelasnya.
 
Sambil menunggu jalan Brebes-Tegal bypass jadi, lanjutnya, jembatan Pemali yang ada saat ini hanya dirawat dengan mementingkan aspek fungsionalitas.

"Dengan adanya jembatan darurat dalam waktu dekat, maka diharapkan dapat mengurangi beban arus kendaraan yang melintas di jembatan Pemali," ujarnya.

Rusaknya jembatan Pemali memang cukup mengganggu arus kendaraan  di jalur pantai utara Brebes, Jawa Tengah. Gangguan tersebut membuat lalu lintas jalan Diponegoro dan kawasan Pasar Induk Brebes mengalami kemacetan.(yop) Foto: Ilustrasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Others
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper