Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMBERSIHAN PT KAI: Penertiban pedagang berlanjut

JAKARTA—PT Kereta Api Indoensia kembali melakukan penertiban kios pedagang yang telah selesai masa kontraknya di stasiun kereta api di sejumlah kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, Purbawa menjelaskan
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Januari 2013  |  14:36 WIB

JAKARTA—PT Kereta Api Indoensia kembali melakukan penertiban kios pedagang yang telah selesai masa kontraknya di stasiun kereta api di sejumlah kawasan di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Kepala Humas PT KAI Daop I Jakarta, Purbawa menjelaskan dalam waktu tiga hari sejak 19 Januari 2013 hingga 21 Januari 2013 pihaknya telah menertibkan ratusan kios yang telah habis masa  sewanya di 4 stasiun.

“Total kemarin ada 118 kios dan nantinya kami akan tertibkan yang di stasiun Klender Baru. Ini [penertiban kios] untuk perluasan lahan parkir dan peron agar [mencapai] target 2018 angkut 1,2 juta penumpang per hari,” ujarnya kepada Bisnis, Jumat (25/1).

Purbawa mengungkapkan 4 stasiun yang telah ditertibkan yaitu stasiun Karet, stasiun Bekasi, stasiun Tanjung Barat dan stasiun Cakung.

Dia menambahkan 10 kios telah ditertibkan di stasiun Karet dan 20 tenda liar juga telah ditertibkan di petak jalan antara stasiun Karet dan Sudirman.

Sebanyak 9 kios di stasiunTanjung Barat, paparnya, telah dikosongkan dan dibongkar atapnya oleh penyewa kios.

Dia mengungkapkan di stasiun Cakung pihaknya juga membongkar 35 kios dan 10 lapak pada 21 Januari 2013.  

Dia menjelaskan pihaknyajuga  melakukan penertiban 118 kios di stasiun Bekasi dan 8 kios diantaranya masa kontraknya belum habis.

PT KAI, tuturnya, telah memberikan kompensasi pada pemilik 8 kios yang masih memiliki sisa kontrak pada 22 Januari 2013.

Dia menambahkan lahan bekas pembongkaran kios di stasiun Bekasi seluas 9000 meter akan digunakan untuk pembangunan park dan ride bagi penumpang kereta rel listrik (KRL).

Menurutnya penertiban itu sesuai dengan instruksi dalam peraturan presiden nomor 83 tahun 2011 tentang penugasan kepada PT KAI untuk menyelenggarakan sarana dan prasarana kereta api dan sarana kereta api bandar udara Soekarno Hatta di wilayah Jabodetabek.  

Dia menjelaskan pihaknya menargetkan pada Februari pihaknya telah merampungkan penertiban kios dan bangunan liar di sejumlah stasiun di Jabodetabek agar dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan bagi penumpang kereta api. (Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Henrykus F. Nuwa Wedo

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top