Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENYEBERANGAN PULAU: Cuaca membaik, Ferry Indonesia kembali beroperasi di NTT

KUPANG:  PT Fery Indonesia Cabang Kupang, Rabu (23/01), mulai membuka kembali pelayaran di Nusa Tenggara Timur, setelah menghentikan pelayaran sejak 7 Januari 2013 akibat cuaca buruk.Supervisor PT Fery Indonesia Cabang Kupang Hermin Welkis yang
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  11:30 WIB

KUPANG:  PT Fery Indonesia Cabang Kupang, Rabu (23/01), mulai membuka kembali pelayaran di Nusa Tenggara Timur, setelah menghentikan pelayaran sejak 7 Januari 2013 akibat cuaca buruk.

Supervisor PT Fery Indonesia Cabang Kupang Hermin Welkis yang dikonfirmasi di Pelabuhan Bolok, sekitar 15 kilometer barat Kupang mengatakan bahwa kapal feri mulai beroperasi kembali, akan tetapi hanya untuk tujuan Pulau Rote.

"Kita sudah mulai buka penyeberangan hari (23/1) ini, tetapi untuk sementara ke Pulau Rote, sambil melihat perkembangan di wilayah perairan NTT," katanya.

Pilihan pembukaan kembali pelayaran baru ke Pulau Rote, kata dia, karena lama pelayaran ke Pulau Rote merupakan jalur pendek, hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 jam.

Hal itu, katanya, berbeda dengan ke Larantuka, Flores Timur, Alor, Ende, Sabu, dan Waingapu yang membutuhkan waktu pelayaran antara 14-17 jam.

Hanya saja, katanya, kapten kapal sudah diingatkan untuk tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan jika kondisi gelombang laut di perairan menuju Pulau Rote tidak memungkinan.

Dia mengatakan belum dipastikan kapan pelayaran pada lintasan penyeberangan lain dibuka karena masih melihat perkembangan cuaca di perairan NTT.

"Kami terus koordinasi dengan BMKG untuk mengetahui perkembangan cuaca di perairan. Kalau cuaca sudah membaik, maka kita akan segera membuka lintasan penyeberangan lain," katanya.

Pelayaran Kupang-Rote sejauh 40 mil biasanya ditempuh selama 3,5 jam. Pada kondisi laut bergelombang tinggi, pelayaran bisa memakan waktu 4-5 jam.

"Tetapi kita masih uji coba dulu ke Rote. Kalau berhasil, kita lanjutkan dengan membuka pelayaran ke lintasan lain," katanya.

Sebanyak lima di antara tujuh unit pelayaran milik PT Fery Indonesia Cabang Kupang, masih sandar di pelabuhan penyeberangan Bolok di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat, Kabupaten Kupang.

Dua kapal lainnya yakni Kapal Motor (KM) Ile Ape tertahan di Pulau Sumba dan KM Uma Kalada tertahan di Pelabuhan Atapupu, Kabupaten Belu.

PT Fery Indonesia Cabang Kupang melayani 17 rute penyeberangan ke sejumlah pulau seperti Rote, Sabu, Sumba, Flores, Lembata, dan Alor. (Antara/Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Newswire

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top