Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SURVEI INVESTASI: Investor asing tetap berhitung soal finansial

JAKARTA: Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengungkapkan investor asing pasti mempertimbangkan juga manfaat finansial saat berinvestasi di Indonesia, tidak semata-mata mempertimbangkan aspek kepastian hukum."Kalau ada kepastian hukum tetapi
News Editor
News Editor - Bisnis.com 23 Januari 2013  |  18:58 WIB

JAKARTA: Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengungkapkan investor asing pasti mempertimbangkan juga manfaat finansial saat berinvestasi di Indonesia, tidak semata-mata mempertimbangkan aspek kepastian hukum.

"Kalau ada kepastian hukum tetapi tidak ada manfaat secara finansial, mereka juga tidak akan investasi," katanya di Gedung Kemenko, Rabu (23/1).

Namun, Menkeu menanggapi positif survei Universitas Indonesia yang mengatakan bahwa 89% investor asing lebih memilih kepastian hukum daripada insentif pemerintah untuk berinvestasi di Indonesia.

Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah akan menindaklanjuti survei tersebut terkait kepastian hukum, baik di tingkat pusat maupun daerah. Perhatian pemerintah, kata Menkeu, adalah menjaga iklim investasi yang baik karena Indonesia memiliki pasar dalam negeri yang bagus.

Kemarin [Selasa, 22/1/2013], Pusat Kajian Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia menyurvei 120 responden investor asing. Responden yang berasal dari berbagai sektor usaha itu sebagian besar menginginkan kepastian hukum daripada insentif pemerintah.

Kepastian hukum dinilai mampu membentuk iklim usaha yang sehat sehingga akan menjamin kelanjutan investasi mereka. (arh)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Hedwi Prihatmoko

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top