Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PASCA-MDGs 2015: Penyusunan Rencana Pembangunan Perlu Libatkan Masyarakat

JAKARTA—Lembaga swadaya masyarakat mendesak pemerintah Indonesia untuk melibatkan masyarakat luas dalam penyusunan rencana Pembangunan Paska 2015 saat Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) telah tercapai.Menurut International NGO Forum on Indonesian

JAKARTA—Lembaga swadaya masyarakat mendesak pemerintah Indonesia untuk melibatkan masyarakat luas dalam penyusunan rencana Pembangunan Paska 2015 saat Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) telah tercapai.

Menurut International NGO Forum on Indonesian Development (Infid), penunjukkan Presiden Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono pada Mei 2012 sebagai salah satu Ketua Panel Tingkat Tinggi untuk penyusunan tersebut memberikan kesempatan besar untuk melibatkan warga negara Indonesia.

“Keterlibatan masyarakat dalam proses pengambilan keputusan akan memastikan bahwa Indonesia sudah dalam arah yang tepat untuk mencapai tujuan pembangunan yang disepakati bersama,” kata Sugeng Bahagijo, direktur eksekutif Infid pada Selasa (22/1).

Seratus orang perwakilan dari lembaga swadaya masyarakat dan berbagai komunitas dari seluruh Indonesia hadir dalam konsultasi nasional untuk Agenda Pembangunan Paska 2015 yang diselenggarakan di Jakarta pada 22-23 Januari 2012.

“Rancangan pembangunan paska 2015 harus disusun dengan inklusif dan partisipatif untuk semua masyarakat dan memenuhi suara masyarakat yang terkena dampak dari kemiskinan dan ketidakadilan,” sambung Sugeng yang hadir dalam acara tersebut. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper