Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

JELANG IMLEK & VALENTINE: Petani mawar berharap hujan lebih bersahabat

MALANG: Tahun Baru Imlek dan Valentine atau hari kasih sayang tinggal menghitung minggu lagi, petani bunga mawar berharap musim hujan tahun ini bisa lebih bersahabat.Jika sebagian besar orang menganggap hujan adalah keberkahan dan kebagiaan setelah musim
- Bisnis.com 22 Januari 2013  |  17:03 WIB

MALANG: Tahun Baru Imlek dan Valentine atau hari kasih sayang tinggal menghitung minggu lagi, petani bunga mawar berharap musim hujan tahun ini bisa lebih bersahabat.

Jika sebagian besar orang menganggap hujan adalah keberkahan dan kebagiaan setelah musim kemarau panjang, tidak bagi petani bunga mawar karena produksi mereka sangat bergantung dengan cuaca.  

Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Mawar Kota Batu Sulkan mengatakan hujan bisa menyebabkan produksi bunga mawar turun drastis lebih dari 50% akibat banyaknya kucup mawar membusuk sebelum mengembang menjadi bunga karena terlalu banyak air.  

Permintaan bunga mawar akan melonjak pada Tahun Baru Imlek dan Hari Valentine yang tinggal 2 minggu lagi, tanggal 10 dan 14 Februari.

"Namun cuaca baru mulai membaik kemarin, musim hujan tahun ini lebih lama dibandingkan tahun lalu," ujar Sulkan, Selasa (22/1/2013).

Menurutnya, menjelang Imlek beberapa perusahaan dan pengusaha memesan bunga mawar untuk memberikan ucapan selamat.

Begitu juga pada hari valentine yang biasanya dirayakan oleh remaja seperti pelajar dan mahasiswa memberikan bunga mawar didampingi sekotak coklat.

"Saat ini tunas-tunas mawar masih sangat muda, kami berharap cuaca semakin membaik sehingga bisa memenuhi kelonjakan permintaan bunga mawar menjelang Imlek dan Valentine," imbuhnya.  (ra)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Rustam-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top