Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

UJI LABORATORIUM BAKSO: Tak Terbukti Mengandung Daging Babi

JAKARTA --Hasil uji laboratorium Kementerian Perdagangan mengungkapkan   bakso yang beredar  di pasaran tidak  terbukti mengandung daging babi.Otoritas perdagangan itu telah melakukan pengambilan sampel produk di 16 pasar di Jakarta, Bogor

JAKARTA --Hasil uji laboratorium Kementerian Perdagangan mengungkapkan   bakso yang beredar  di pasaran tidak  terbukti mengandung daging babi.

Otoritas perdagangan itu telah melakukan pengambilan sampel produk di 16 pasar di Jakarta, Bogor dan Bandung, menyusul merebaknya isu bakso dan daging yang dicampur dengan daging babi beberapa waktu lalu.

Produk tersebut diuji di laboratorium Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Hasil pengujian menunjukkan bahwa produk-produk itu tidak mengandung daging babi,” kata Wakil Menteri Perdagangan Bayu Krisnamurthi di Jakarta, Selasa (22/1).

Isu bakso dan daging yang dioplos dengan daging babi mencuat pada November 2012, saat harga daging sapi melejit di atas Rp90.000 per kg. Hingga kini, lonjakan harga daging sapi relatif belum melandai.

Isu tersebut sempat membuat omzet pedagang bakso anjlok hingga 50%. Data Asosiasi Pedagang Mie dan Bakso Indonesia (Apmiso) menyebutkan omzet pedagang bakso di DKI Jakarta mencapai Rp15 miliar per hari saat isu tersebut belum merebak.

“Tapi, sekarang omzet sudah membaik. Omzet kami bisa 80% dari omzet normal,” kata Ketua Umum Apmiso Trisetyo Budiman. (if)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper