Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LIFTING MINYAK 2013: Jika meleset dikompensasi lifting gas

JAKARTA--Kementerian Keuangan berharap risiko melesetnya lifting minyak pada 2013 dapat dikompensasi oleh tingginya lifting gas sehingga penerimaan negara yang ditargetkan mencapai Rp1.529,7 triliun dapat tercapai.Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo
- Bisnis.com 21 Januari 2013  |  20:31 WIB

JAKARTA--Kementerian Keuangan berharap risiko melesetnya lifting minyak pada 2013 dapat dikompensasi oleh tingginya lifting gas sehingga penerimaan negara yang ditargetkan mencapai Rp1.529,7 triliun dapat tercapai.

Menteri Keuangan Agus D.W. Martowardojo mengatakan risiko lebih rendahnya realisasi lifting minyak dari 900.000 barel/hari menjadi 850.000 barel/hari pada 2013 akan berdampak terhadap fiskal pemerintah.

"Semua tentu ada risiko ke fiskal. Tapi kalau lifting minyak tidak bisa dicapai, mesti dicari alternatif lain, dari peningkatan gas, sampai melakukan penghematan konsumsi BBM," kata Agus, Senin (21/1/2013).

Dari sektor migas, penerimaan negara bukan pajak (PNBP) dalam APBN 2013 ditargetkan Rp144,7 triliun. Selain itu, sebagian PPh yang ditargetkan Rp584,9 triliun berasal dari PPh migas.

Sementara itu, target lifting gas pada 2013 ditetapkan sebesar 1,36 juta barel setara minyak/hari. Adapun PNBP gas bumi tahun ini ditargetkan sebesar Rp54,0 triliun.

Apabila target penerimaan itu tidak tercapai, kata Agus, pemerintah terpaksa melakukan pengurangan belanja.

"[Dalam skenario terburuk] Tentu pengurangan belanja-belanja, melakukan pemotongan," ungkapnya.

Menkeu berharap Kementerian ESDM dapat mengupayakan peningkatan lifting minya dan gas, sehingga penerimaan negara dari sektor tersebut bisa tercapai.(msb)



 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Ana Noviani

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top