Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BUDI DAYA UDANG: Kerja Sama Revitalisasi Pusat & Pemda Dipacu

SURABAYA—Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tingkatkan kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) untuk tingkatkan revitalisasi budidaya, salah satunya dengan Jawa Timur. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan
- Bisnis.com 18 Januari 2013  |  19:37 WIB

SURABAYA—Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tingkatkan kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) untuk tingkatkan revitalisasi budidaya, salah satunya dengan Jawa Timur.
 
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Syarif Widjaja mengatakan kerjasama tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Indonesia.
 
“Kerjasama dengan pemerintah daerah tentu perlu dilakukan, melalui revitalisasi budidaya. Program yang dilakukan tentu akan disesuaikan dengan potensi yang ada di daerah tersebut,” ujarnya, Jumat (18/1).
 
Dia menilai Jawa Timur merupakan provinis yang memiliki potensi kelautan dan  perikanan yang terbesar di Indonesia, terutama tambak udang dan bandeng.
 
Selain dengan Jawa Timur, pada tahun ini pihaknya akan fokus mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di Jawa Tengah, Lampung, dan Sulawesi Selatan.
 
“Kami akan lakukan revitalisasi tambak dan bagaimana mengelola lingkungan, misalnya dengan ditanami mangrove. Tahun lalu, kami sudah lakukan revitalisasi di enam kabupaten/kota di Jawa Barat,” jelasnya.
 
Selain dengan pemerintah daerah, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menggandeng perusahaan tinggi untuk mengembangkan sektor tersebut. Salah satu program yang diadakan dari kerjasama tersebut adalah program adopsi pulau. (if)
 
Dalam program tersebut, lanjut dia, perguruan tinggi dapat mengadopsi sebuah pulau dan menjadikannya daerah binaan.
 
Adapun sejumlah perguruan tinggi yang telah diajak bekerjasama a.l Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Udayana (Unud).
 
“Jadi, nanti akan ada mahasiswa yang melakukan KKN


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Ismail Fahmi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top