Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BUDI DAYA UDANG: Kerja Sama Revitalisasi Pusat & Pemda Dipacu

SURABAYA—Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tingkatkan kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) untuk tingkatkan revitalisasi budidaya, salah satunya dengan Jawa Timur. Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan

SURABAYA—Kementerian Kelautan dan Perikanan akan tingkatkan kerjasama dengan sejumlah pemerintah daerah (Pemda) untuk tingkatkan revitalisasi budidaya, salah satunya dengan Jawa Timur.
 
Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan Syarif Widjaja mengatakan kerjasama tersebut dibutuhkan untuk mengembangkan potensi kelautan dan perikanan yang ada di Indonesia.
 
“Kerjasama dengan pemerintah daerah tentu perlu dilakukan, melalui revitalisasi budidaya. Program yang dilakukan tentu akan disesuaikan dengan potensi yang ada di daerah tersebut,” ujarnya, Jumat (18/1).
 
Dia menilai Jawa Timur merupakan provinis yang memiliki potensi kelautan dan  perikanan yang terbesar di Indonesia, terutama tambak udang dan bandeng.
 
Selain dengan Jawa Timur, pada tahun ini pihaknya akan fokus mengembangkan potensi kelautan dan perikanan di Jawa Tengah, Lampung, dan Sulawesi Selatan.
 
“Kami akan lakukan revitalisasi tambak dan bagaimana mengelola lingkungan, misalnya dengan ditanami mangrove. Tahun lalu, kami sudah lakukan revitalisasi di enam kabupaten/kota di Jawa Barat,” jelasnya.
 
Selain dengan pemerintah daerah, Kementerian Kelautan dan Perikanan juga menggandeng perusahaan tinggi untuk mengembangkan sektor tersebut. Salah satu program yang diadakan dari kerjasama tersebut adalah program adopsi pulau. (if)
 
Dalam program tersebut, lanjut dia, perguruan tinggi dapat mengadopsi sebuah pulau dan menjadikannya daerah binaan.
 
Adapun sejumlah perguruan tinggi yang telah diajak bekerjasama a.l Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Hasanuddin (Unhas), Universitas Udayana (Unud).
 
“Jadi, nanti akan ada mahasiswa yang melakukan KKN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis :
Editor : Ismail Fahmi

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper