Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

ENAM RUAS TOL: Dilengkapi 17 Halte BRT

JAKARTA--Enam ruas tol dalam kota akan menyediakan 17 shelter Bus Rapid Transit (BRT) untuk mendukung pengembangan moda transportasi masal. Sebelumnya Joko Widodo meminta agar pembangunan enam ruas tol itu dilengkapi dengan halte bus untuk mendungkung
News Editor
News Editor - Bisnis.com 18 Januari 2013  |  16:27 WIB

JAKARTA--Enam ruas tol dalam kota akan menyediakan 17 shelter Bus Rapid Transit (BRT) untuk mendukung pengembangan moda transportasi masal. Sebelumnya Joko Widodo meminta agar pembangunan enam ruas tol itu dilengkapi dengan halte bus untuk mendungkung trasnsportasi publik.

Wakil Menteri PU Hermanto Dardak mengatakan BRT akan dibangun pada ketinggian 10 meter. Di setiap shelter BRT akan ada penambahan lajur pendek sehingga tidak mengganggu arus lalu lintas di tol.  

“Jumlah 17 shelter yang ada nantinya lebih banyak dari jumlah pintu keluar masuk kendaraan yang hanya ada 9 buah. Itu sebagai upaya dukungan untuk transportasi massal,” ujar Hermanto dalam siaran pers yang diterima Bisnis, Jumat (18/1/2013).

Jalur enam ruas tol Jakarta nantinya akan terdiri dari tiga lajur untuk setiap arahnya, satu lajur diantaranya akan diperuntukkan bagi BRT.

Hermanto mengungkapkan keberadaan enam ruas tol Jakarta selain menguntungkan karena ada lajur khusus BRT, nantinya juga akan memisahkan lalu lintas kendaraan jarak jauh dengan kendaraan jarak deket. Rasio panjang jalan di ibu kota juga akan bertambah 0,3% dari kondisi saat ini yang baru 6,26%.

Ruas-ruas tol yang akan dibangun yaitu Semanan-Sunter (20,23 Km), Sunter-Pulo Gebang (9,44 Km), Duri Pulo-Kampung Melayu (12,65 Km), Ulujami-Tanah Abang (8,7 Km), Kemayoran- Kampung Melayu (9,6 Km) serta Pasar Minggu-Casablanca (9,15 Km). (msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Thomas Mola

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top