Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TRANSJAKARTA: Beli bus dari Zhang Tong, Damri siap operasikan koridor I & VIII

JAKARTA: Perum Damri siap mengoperasikan 66 unit bus untuk melayani bus TransJakarta koridor I dan VIII Jakarta setelah perusahaan ini membeli seluruh bus dari Zhang Tong asal China senilai total Rp221,1 miliar.Ke-66 bus sudah datang datang seluruhnya
- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  06:06 WIB

JAKARTA: Perum Damri siap mengoperasikan 66 unit bus untuk melayani bus TransJakarta koridor I dan VIII Jakarta setelah perusahaan ini membeli seluruh bus dari Zhang Tong asal China senilai total Rp221,1 miliar.

Ke-66 bus sudah datang datang seluruhnya dan hanya menunggu instruksi dari Badan Layanan Umum (BLU) Trans Jakarta untuk dioperasikan.

"Semua bus sudah datang, semuanya kami impor dari China dengan harga per busnya Rp3,3 miliar," kata Direktur Utama Perum Damri Agus Subrata dalam jumpa pers di kantor Damri, Selasa (15/1/2013).

Agus menambahkan ke-66 bus asal China ini akan melayani Trans Jakarta koridor I dan VIII, setelah sebelumnya perseroan memenangi tender pada Desember 2011 yang menunjuk Perum Damri sebagai operator dan investor.

Untuk mengadakan 66 bus ini, imbuh Agus, pihaknya memperoleh pinjaman dana dari Bank Rakyat Indonesia Rp221,1 miliar. Dari dana tersebut, Rp73 miliar sudah dicairkan pada 2012 untuk membayar 22 bus, sisanya akan dibayarkan pada awal 2013.

Menurutnya, mendatangkan bus dari luar negeri, khususnya China tidaklah mudah. Namun pihaknya meminta pabrikan Zhang Tong untuk memberi garansi 10 tahun dan menyediakan mesin cadangan, serta menempatkan orang perwakilannya di Indonesia selama kontrak dengan BLU masih berlangsung. "Dengan demikian, jika terjadi kerusakan, kami bisa langsung tangani."

Dipilihnya Zhang Tong China untuk pengadaan 66 unit bus Trans Jakarta ini, imbuhnya, berdasarkan pertimbangan harga yang jauh kebih mrah ketibang labrikan dalam negeri. PT Inka dengan bus Inobus nya menawarkan harga Rp3,8 miliar per unitnya, Komodo Rp4,2 miliar, sedangkan Zhong Tong hanya Rp3,3 miliar per busnya.

Agus menambahkan dengan memenangkan tender di koridor I (Blok M-Kota) dan koridor VIII (Lebak Bulus-Harmoni) Damri akan menjadi pengelola bus Trans Jakarta untuk tiga koridor setelah sejak setahun lalu mengelola koridor XI (Kampung Melayu-Pulo Gebang). (arh)

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top