Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEREMPUAN PEKERJA: Masih rentan diskriminasi

JAKARTA--Pekerja perempuan di Indonesia masih rentan diskriminasi, tidak hanya masalah upah/gaji, tapi juga tentang kondisi kerja, serta keamanannya.Direktur International Labour Organization (ILO) Indonesia Peter van Rooij menyatakan meski perluasan
- Bisnis.com 16 Januari 2013  |  12:50 WIB

JAKARTA--Pekerja perempuan di Indonesia masih rentan diskriminasi, tidak hanya masalah upah/gaji, tapi juga tentang kondisi kerja, serta keamanannya.

Direktur International Labour Organization (ILO) Indonesia Peter van Rooij menyatakan meski perluasan kerja dilakukan dan akses perempuan ke dunia pendidikan berhasil ditingkatkan, tapi perempuan masih belum dapat berpartisipasi setara di pasar kerja.

"Perempuan terus menghadapi hambatan besar secara budaya, sosial, ekonomi dan agama dalam memperoleh pekerjaan dan kesetaraan perlakuan di dunia kerja," katanya saat lokakarya Mempromosikan Akses Perempuan terhadap Pekerjaan yang Layak dan Kesetaraan Kerja di Indonesia, Rabu (16/1).

Untuk itu, lanjutnya, mempromosikan pekerjaan yang layak dan kesetaraan gender merupakan inti dari upaya ILO dalam meningkatkan kondisi hidup, serta kerja kaum perempuan.

"Pengalaman memperlihatkan pemberdayaan perempuan merupakan kunci kesuksesan pembangunan di tingkat negara, termasuk Indonesia," jelasnya.

Dalam kesempatan itu, Drusilla Brown, Profesor TUFTs University Amerika Serikat menyatakan di Indonesia, sikap terhadap perempuan bekerja lebih pada keinginan untuk berada di rumah bersama anak-anak.

Namun, dia menambahkan untuk perempuan di Australia secara keseluruhan, kehidupan keluarga akan menderita jilka perempuan bekerja penuh waktu. (Bsi)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Bastanul Siregar

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top