Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

TKI: Suami isteri satu majikan ideal

JAKARTA--Penempatan TKI berpasangan suami istri pada pengguna jasa/majikan yang sama di luar negeri merupakan upaya yang ideal.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 16 Januari 2013  |  21:10 WIB

JAKARTA--Penempatan TKI berpasangan suami istri pada pengguna jasa/majikan yang sama di luar negeri merupakan upaya yang ideal.

Hal itu, dikatakan Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Moh. Jumhur Hidayat, karena dapat meminimalisasi permasalahan, khususnya bagi TKI yang bekerja pada sektor penata laksana rumah tangga (PLRT).

"Kami mendukung pemikiran maupun kesimpulan berupa rekomendasi terkait dengan penempatan TKI suami istri ke luar negeri," ujarnya, Rabu (16/1/2013).

Jumhur menuturkan siapa pun termasuk pemerintah tidak dapat melarang warganya untuk menjadi TKI di luar negeri, apalagi bekerja merupakan hak setiap orang yang dilindungi undang-undang.

Adapun penempatan TKI pasangan suami istri, lanjutnya, sudah umum terjadi di sejumlah negara kawasan Timur Tengah, terutama untuk pekerja yang didampingi para suami sebagai supir pribadi atau penjaga kebun keluarga majikan.

Sebelumnya, Kustini, Kepala Bidang Litbang Aliran dan Pelayanan Keagamaan pada Puslitbang Kementerian Agama dalam disertasi doktornya berjudul 'Strategi Pengasuhan Anak Pada Keluarga Buruh Migran Perempuan Sukabumi', meneliti keinginan TKI untuk bekerja dengan suami/istri di luar negeri.(msb)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : R. Fitriana

Editor : Martin-nonaktif

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top