Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PENANGGUHAN UMP: 7.000 Buruh Siap Gelar Demo Rabu 16 Januari

JAKARTA—Kalangan pekerja/buruh memastikan berunjuk rasa besok,  (16/1/2013), untuk menuntut penolakan penangguhan pembayaran upah minimum 2013 dan menolak kenaikan tarif dasar listrik.
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  20:38 WIB

JAKARTA—Kalangan pekerja/buruh memastikan berunjuk rasa besok,  (16/1/2013), untuk menuntut penolakan penangguhan pembayaran upah minimum 2013 dan menolak kenaikan tarif dasar listrik.

Aksi demo sekitar 5.000 orang hingga 7.000 orang pekerja/buruh itu akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dengan rute Polda Metro Jaya, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, serta Kemenakertrans.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan pekerja/buruh turun ke jalan karena sikap tidak tegas pemerintah akibat tekanan politik para pengusaha.

“Kebutuhan hidup standar melalui upah minimum saja minta ditangguhkan, padahal masih banyak permasalahan ketenagakerjaan mendasar lainnya dari pekerja/buruh yang belum diselesaikan,” katanya hari ini, Selasa (15/1/2013).

Sementara itu, Sekjen Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia (OPSI) Timboel Siregar menjelaskan aksi unjuk rasa menuntut hak mendasar dari para pekerja/buruh tidak hanya pada besok, Rabu (16/1).

Namun, lanjutnya, aksi serupa masih akan dilakukan pada pada 3 pekan setelah demo 16/1, yakni Rabu (6/2) dengan lokasi demo di  Istana Negara dan gedung DPR/MPR.

“Tuntutan hak dasar lainnya dari pekerja/buruh berupah jaminan pensiun wajib dan tuntutan pemerintah menjalankan jaminan kesehatan masyarakat akan disampaikan dalam aksi demo,” tuturnya. (sut)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Sutarno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top