Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BAHAN BAKAR GAS: 4 SPBG baru dibangun, Pemerintah anggarkan Rp114 miliar

JAKARTA: Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian ESDM akan membangun empat stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dengan anggaran Rp114 miliar.Keempat SPBG akan dibangun di Kalimantan Timur. Direktur Hilir Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM
- Bisnis.com 15 Januari 2013  |  23:51 WIB

JAKARTA: Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian ESDM akan membangun empat stasiun pengisian bahan bakar gas (SPBG) dengan anggaran Rp114 miliar.

Keempat SPBG akan dibangun di Kalimantan Timur. Direktur Hilir Direktorat Jenderal Migas Kementerian ESDM Umi  mengatakan pembangunan SPBG tersebut melanjutkan program di tahun-tahun sebelumnya.

Pada 2011, pemerintah sudah membangun empat SPBG di Palembang. Kemudian, tahun 2012 membangun empat SPBG di Jawa Timur, dan tahun ini akan dibangun empat SPBG di Kalimantan Timur.

“Pada kuartal pertama tahun ini akan dilakukan tender rekayasa, pengadaan, dan konstruksi (engineering, procurement, dan construction/EPC),” kata Umi, Selasa (15/1).

PT Pertamina (Persero) yang mendapat penunjukkan langsung oleh pemerintah untuk menjalankan program konversi BBM ke BBG sudah mendapatkan alokasi gas. Pada 2012 ini perseroan mendapat jatah gas sebesar 36,3 juta kaki kubik per hari (million standard cubic feet per day/mmscfd).

Rincinya, Jabodetabek dan Banten mendapat 23,1 MMscfd, Jawa Timur 11 MMscfd, dan Palembang 2,2 MMscfd.

Di sisi lain, Pertamina juga akan membangun SPBG dengan anggaran senilai Rp447 miliar pada 2013. Dengan anggaran itu, Pertamina hanya bisa menjanjikan tujuh pembangunan SPBG. Padahal, pemerintah menargetkan akan ada sekitar 33 SPBG tahun ini.

Direktur Gas Pertamina Hari Karyuliarto mengatakan sudah mengusulkan anggaran SPBG kepada pihak Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Namun, jika anggaran untuk pembangunan SPBG hanya sekitar Rp447 miliar, maka diperkirakan hanya bisa membangun sekitar tujuh SPBG.

“Kalau mau digunakan untuk SPBG, maka di dalam rencana kita itu, paling tidak hanya 3 SPBG mother station dan daughter station, 4 SPBG Online. Iya cuma bisa tujuh, soalnya Pertamina kan tahunya terbatas Rp447 miliar itu,”kata Hari.

Ketiga SPBG yang dibangun Pertamina dengan dana APBN tersebut direncanakan berlokasi di Cililitan, Jakarta Timur, Pulogadung, Jakarta Timur, dan Kalideres, Jakarta Barat. Pemerintah berencana lebih menggalakkan pemanfaatan bahan bakar gas (BBG) pada 2013.

Selain SPBG yang dibangun Kementerian ESDM dan Pertamina, pemerintah akan menyediakan converter kit melalui Kementerian Perindustrian. (arh)


 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Aprika Rani Hernanda

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top