Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PENUMPANG PESAWAT: 2012, Arus penumpang lewat Sepinggan naik 13,87%

BALIKPAPAN: PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan memperkirakan jumlah penumpang yang melalui airport tersebut pada 2012 mencapai 6,59 juta penumpang atau bertumbuh 13,87% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak

BALIKPAPAN: PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sepinggan Balikpapan memperkirakan jumlah penumpang yang melalui airport tersebut pada 2012 mencapai 6,59 juta penumpang atau bertumbuh 13,87% dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 5,68 juta penumpang.Peningkatan tersebut seiring dengan adanya pembukaan rute penerbangan baru, baik dalam maupun luar negeri, oleh sejumlah maskapai melalui bandara yang menjadi pintu gerbang bagi Provinsi Kalimantan Timur tersebut. Asisten Manager SIM, Tapor dan Humas PT Angkasa Pura I (Persero) Cabang Bandara Internasional Sepinggan Abdullah Husin merinci perkiraan jumlah penumpang sepanjang 2012 yakni sebanyak 6,48 juta penumpang domestik dan 107.904 penumpang internasional.“Untuk itu, kami sedang melakukan pengembangan bandara agar dapat menampung 10 juta penumpang per tahun,” ujarnya kepada Bisnis, Minggu (30/12).Sepanjang tahun ini, beberapa maskapai memang membuka rute baru melalui Bandara Sepinggan. Lion Air contohnya membuka rute baru untuk jurusan Balikpapan - Manado dan sebaliknya. Adapun Garuda Indonesia, juga meresmikan rute dalam dan luar negeri yakni Balikpapan - Singapura serta Balikpapan - Tarakan.Pergerakan pesawat yang tercatat oleh pengelola bandara tersebut diperkirakan juga meningkat 13,41% menjadi 73.295 pergerakan dari sebelumnya 63.466 pergerakan. Adapun untuk angkutan barang (kargo) juga mengalami peningkatan, utamanya untuk angkutan domestik.Jumlah angkutan kargo domestik sepanjang 2012 diperkirakan mencapai 47.231 ton meningkat 11,39% dari total angkutan domestik pada 2011 yang mencapai 41.850. Namun, untuk kargo internasional diperkirakan mengalami penurunan dari 3.402 ton pada 2011 menjadi 2.737 ton pada akhir tahun ini.Husin memaparkan selain adanya pembukaan rute baru, pertumbuhan jumlah penumpang yang melalui Bandara Sepinggan juga disebabkan oleh banyaknya event yang digelar di Kota Minyak. Mulai kuartal I/2012 tercatat ada pameran pertambangan dan diikuti oleh pameran-pameran lainnya hingga akhir tahun.Lonjakan penumpang juga cukup dirasakan ketika musim mudik lebaran karena waktunya berdekatan dengan musim liburan sekolah. Pada masa itu, jumlah penumpang mampu mencapai 12.000 penumpang per hari. Sementara, pada masa normal, jumlah penumpang hanya mencapai 8.000 - 9.000 penumpang per hari.Adapun pada masa liburan natal dan tahun baru, terjadi juga peningkatan kendati dalam jumlah yang lebih kecil dibandingkan padasaat Lebaran. Husin menyebutkan rerata jumlah penumpang yang datang mampu mencapai 10.000 penumpang per hari.“Meskipun tidak ada penambahan jadwal penerbangan, tapi tetap ada peningkatan,” tambahnya.Dia menambahkan perkembangan ini menunjukkan kebutuhan perluasan bandara menjadi sangat dibutuhkan. Peningkatan kapasitas bandara nantinya juga akan memperluas ruang gerak penumpang sehingga bisa menjadi lebih nyaman. (arh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Rachmad Subiyanto

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper