Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

LAYANAN PELABUHAN: Petugas Pemeriksa Behandle Di Priok Masih Minim

JAKARTA-Pengguna jasa pelabuhan meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menambah personil petugas pemeriksa fisik peti kemas impor jalur merah (behandle) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta guna mempercepat kegiatan behandle.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 29 Desember 2012  |  13:00 WIB

JAKARTA-Pengguna jasa pelabuhan meminta Direktorat Jenderal Bea dan Cukai menambah personil petugas pemeriksa fisik peti kemas impor jalur merah (behandle) di Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta guna mempercepat kegiatan behandle.

Ketua Dewan Pemakai Jasa Angkutan Laut Indonesia (Depalindo) Toto Dirgantoro mengatakan saat ini terjadi penumpukan petikemas dengan status jalur merah (PJM) akibat libur Natal dan tahun baru.

"Seperti di pelabuhan Priok pemeriksaan fisik (behandle) sampai sekarang masih lambat. Bahkan yang antrian pada 26 Desember 2012 dari total antrian 546 bok peti kemas impor yang kepanggil baru 382 bok. Sedangkan yang antrian behandle untuk 27 dan 28 Desember 2012 hingga kini belum di periksa,” katanya hari ini (29/12).

Dia mengatakanlambannya penanganan behandle di pelabuhan Priok ini sangat merugikan para pemilik barang karena timbulnya biaya extra penumpukan dan demorage container atau biaya tambahan waktu penggunaan peti kemas. “Akibatnya barang semakin lama di pelabuhan”.

Dia mengemukakan semestinya ada antisipasi menghadapi setelah liburan yakni dengan menambah petugas pemeriksa fisik peti kemas dan melaksanakan kerja lembur. "Apalagi akan di sambung libur tahun baru”.

Toto menegaskan, kondisi seperti ini kerap berulang dan terjadi pada saat libur panjang, namun tidak pernah ada solusi jitu dari instansi terkait maupun pengelola terminal peti kemas di pelabuhan Tanjung Priok. (k1/yus)


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Akhmad Mabrori

Editor : David Eka Issetiabudi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top