Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PEMBERDAYAAN UMKM: Korsel Tingkatkan Kemitraan Dengan RI

JAKARTA—Small and Medium Business Agency Korea Selatan siap meningkatkan kerja sama dengan Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk meningkatkan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 
Muhammad Sarwani
Muhammad Sarwani - Bisnis.com 26 Desember 2012  |  18:56 WIB

JAKARTA—Small and Medium Business Agency Korea Selatan siap meningkatkan kerja sama dengan Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan UKM untuk meningkatkan pemberdayaan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). 

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM, Agus Muharram, mengatakan kesediaan Small and Medium Business Agency (SMBA) atau lembaga yang menangani sector riil di Korea Selatan, disampaikan administrator-nya Song Jong Ho. 

”Kerja sama itu khusus untuk memfasilitasi pembiayaan, teknologi, pemasaran, inkubator dan peningkatan kualitas sumber daya manusia pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Indonesia,” katanya kepada Bisnis, Kamis (26/12). 

Kepastian kerja sama itu disepakati kedua belah pihak, saat Agus bersama staf terkait di Kementerian Koperasi dan UKM melakukan kunjungan kerja ke Korea Selatan, beberapa hari lalu. Selain mengunjungi SMBA, Agus juga berkunjung ke Small Business Training Institute (SBTI) Korsel. 

Lembaga pelatihan khusus UMKM tersebut berdiri pada 1982, dan sedikitnya melatih sekitar 35.000 peserta setiap tahun. Khususnya untuk melatih SDM yang terkait demean pemanfaatan teknologi, kualitas, manajemen, dan informasi teknologi (IT). 

Menurut Agus, SBTI juga menawarkan perkuatan bagi UMKM melalui satu seminar yang menghadirkan seluruh pejabat terkait pada bidang industri UMKM Korsel. Pertemuan itu dipastikan memberi nilai positif, karena SBTI menyediakan program visit Korea training. 

”Kami telah mengajukan ke SBTI menjalin kerja sama demean Deputi Bidang Pengembangan SDM guna meningkatkan pelatihan kewirausahaan. Mereka menyabut positif tawaran Indonesia, dan akan diimplementasikan melalui kunjungan balasan ke Indonesia,” ujarnya. (if) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top