Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

BURSA TENAGA KERJA: UMP & TDL naik, 2.000 karyawan bakal kehilangan pekerjaan

JAKARTA: Penaikan upah minimum provinsi (UMP) 2013 dan penaikan TDL sebesar 15% membuat pengusaha mengambil jalan pintas, yakni mengurangi pekerjanya sebanyak 2.000 orang.
News Editor
News Editor - Bisnis.com 25 Desember 2012  |  16:30 WIB

JAKARTA: Penaikan upah minimum provinsi (UMP) 2013 dan penaikan TDL sebesar 15% membuat pengusaha mengambil jalan pintas, yakni mengurangi pekerjanya sebanyak 2.000 orang.

Sekjen API Ernovian G. Ismy mengatakan hal itu terpaksa dilakukan karena pengusaha tidak sanggup menanggung beban yang begitu berat tahun depan.

Selain itu, jalan keluar yang dipilih oleh produsen adalah menaikkan harga jual produk sebesar 16% dibandingkan dengan sebelumnya.

Untuk itu, pelaku usaha tetap berharap kepada pemerintah untuk bisa mengkaji ulang penaikan TTL dan UMP pada 2013. Industri TPT dinilai merupakan sektor dengan marjin keuntungan yang tidak besar dan mempekerjakan ribuan karyawan.

“Dengan UMP yang begitu tinggi itu, sebagian perusahaan anggota API berencana memberhentikan 2.000 karyawan. Sementara itu, produsen tekstil asing menyatakan per Januari 2013 akan melakukan pengurangan pegawai sampai dengan 20%,” ujarnya, Selasa (25/12).

Dia menegaskan pengurangan karyawan harus ditempuh agar perusahaan tetap bisa bersaing dengan produk asal China dan India di pasar domestik. Selain itu, API juga memperkirakan kinerja ekspor industri TPT akan semakin terpuruk. (arh)

 

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sumber : Herdiyan

Editor : Annisa Lestari Ciptaningtyas

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top