Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

KPI: 11 Stasiun televisi dapat surat peringatan

Jessica Nova
Jessica Nova - Bisnis.com 24 Desember 2012  |  10:54 WIB
 
JAKARTA—Komisi Penyiaran Indonesia Pusat memberikan surat peringatan kepada 11 stasiun televisi yang bersiaran secara nasional.
 
Surat peringatan itu dimaksudkan agar stasiun televisi itu memenuhi aturan mengenai promo program siaran sesuai P3 (Pedoman perilaku Penyiaran) dan SPS (Standar Program Siaran) Komisi Penyiaran Indonesia 2012.
 
Menurut Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Pusat, Mochamad Riyanto, peringatan tersebut disampaikan berdasarkan pada pengaduan masyarakat.
 
“Selain itu, peringatan juga berdasarkan pemantauan dan hasil analisis yang menemukan banyaknya dugaan pelanggaran atas ketentuan penggolongan program siaran,” demikian sebagian isi dari surat peringatan KPI Pusat yang ditandatangani Mochamad Riyanto pada 20 Desember 2012.
 
Sementara itu, Koordinator bidang Isi Siaran KPI Pusat, Nina Mutmainnah menegaskan dugaan pelanggaran yang dimaksud di antaranya adanya penayangan promo program siaran klasifikasi D (Dewasa) pada program siaran klasifikasi A (Anak) dan R (Remaja).
 
“Kami juga menemukan penayangan promo program siaran klafisikasi R, yakni untuk remaja pada program siaran klasifikasi A atau untuk anak-anak,” jelasnya, Senin (24/12).
 
Nina mengingatkan ketentuan tentang larangan promo program siaran dewasa di luar klasifikasi D dan larangan promo program siaran klasifikasi R pada penayangan program siaran klasifikasi A diatur dalam SPS KPI 2012.
 
KPI Pusat, lanjutnya, akan terus melakukan pemantauan terhadap stasiun-stasiun televisi itu dan jika masih ditemukan adanya dugaan pelanggaran terhadap P3 dan SPS maka sanksi administratif akan diberikan.(faa)
 

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top