Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

SUKAMDANI SAHID: Indonesia Incorporated diharapkan tak hanya jadi wacana

JAKARTA: Konsep Indonesia Corporated diharapkan dapat segera terealisasi, bukan hanya menjadi wacana, untuk mengoptimalkan kemampuan Indonesia.
 
Pemimpin Umum Harian Bisnis Indonesia Sukamdani Sahid Gitosardjono mengatakan konsep tersebut sebenarnya telah ada lebih dari 30 tahun lalu.
 
Beberapa waktu lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun kembali mengedepankan semangat Indonesia Incorporated yang diharapkan bisa terealisasi.
 
"Konsep Indonesia Incorporated sebenarnya telah muncul sejak lama, jadi bukan istilah baru. Saat itu, kita [Indonesia] akan meniru satu bangsa yang menerapkan satu semangat yakni semangat kebersamaan, seperti Japan incorporated. Ini sangat penting untuk diterapkan untuk memajukan Indonesia," ujarnya dalam sambutan 'Seminar Peran BUMN Dalam Mendorong Indonesia Incorporated' Rabu (19/12).
 
Mantan Ketua Umum Kadin itu juga mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan seluruh pihak yakni pemerintah, pelaku usaha, dan juga masyarakat. Dengan terwujudnya Indonesia Incorporated, peningkatan daya saing juga akan terjadi.
 
"Indonesia ini memiliki potensi yang luar biasa, tetapi belum menampilkan kinerja yang sebenarnya. Masih banyak hiden capacity yang belum tergarap dengan baik. Konsep yang bisa mengoptimalkan kapasitas bangsa adalah Indonesia Incorporated. Namun, jika rumusan hanya menjadi wacana tanpa dijalankan ya tidak akan berhasil," ungkapnya. (faa)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Teguh Purwanto
Editor : Dara Aziliya

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper