Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

SUKAMDANI SAHID: Indonesia Incorporated diharapkan tak hanya jadi wacana

Teguh Purwanto
Teguh Purwanto - Bisnis.com 19 Desember 2012  |  11:32 WIB
JAKARTA: Konsep Indonesia Corporated diharapkan dapat segera terealisasi, bukan hanya menjadi wacana, untuk mengoptimalkan kemampuan Indonesia.
 
Pemimpin Umum Harian Bisnis Indonesia Sukamdani Sahid Gitosardjono mengatakan konsep tersebut sebenarnya telah ada lebih dari 30 tahun lalu.
 
Beberapa waktu lalu Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pun kembali mengedepankan semangat Indonesia Incorporated yang diharapkan bisa terealisasi.
 
"Konsep Indonesia Incorporated sebenarnya telah muncul sejak lama, jadi bukan istilah baru. Saat itu, kita [Indonesia] akan meniru satu bangsa yang menerapkan satu semangat yakni semangat kebersamaan, seperti Japan incorporated. Ini sangat penting untuk diterapkan untuk memajukan Indonesia," ujarnya dalam sambutan 'Seminar Peran BUMN Dalam Mendorong Indonesia Incorporated' Rabu (19/12).
 
Mantan Ketua Umum Kadin itu juga mengatakan untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dukungan seluruh pihak yakni pemerintah, pelaku usaha, dan juga masyarakat. Dengan terwujudnya Indonesia Incorporated, peningkatan daya saing juga akan terjadi.
 
"Indonesia ini memiliki potensi yang luar biasa, tetapi belum menampilkan kinerja yang sebenarnya. Masih banyak hiden capacity yang belum tergarap dengan baik. Konsep yang bisa mengoptimalkan kapasitas bangsa adalah Indonesia Incorporated. Namun, jika rumusan hanya menjadi wacana tanpa dijalankan ya tidak akan berhasil," ungkapnya. (faa)

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Dara Aziliya

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top