Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

JAKARTA: Pertamina telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi ConocoPhilips Algeria Ltd, anak perusahaan ConocoPhilips (NYSE:COP) yang menguasai Blok 405a.
 
Direktur Utama Pertamina Karen Agustiawan mengatakan akuisisi ini akan menambah produksi minyak bagi Pertamina dari 23.000 barel saat ini menjadi sekitar 35.000 barel per hari pada 2013 setelah lapangan EMK mulai berproduksi pada 2013.
 
“Ini merupakan milestone kunci bagi pengembangan ekspansi bisnis hulu Pertamina,” kata Karen dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa malam (18/12/2012).
 
Menurutnya, Pertamina berharap dapat bekerjasama erat dengan Sonatrach, perusahaan NOC Aljazair dan juga perusahaan mitra di Blok 405a untuk dapat memaksimalkan produksi minyak dari blok tersebut.
 
Blok 405a terdiri dari 3 lapangan minyak utama, yaitu Menzel Lejmat North, Ourhoud dan EMK. 
 
Di lapangan Menzel Lejmat North ConocoPhilips Algeria Ltd. menguasai 65% hak partisipasi dan sekaligus bertindak selaku operator, sementara itu hak partisipasi di lapangan Ourhoud 3,7% dan 16,9 % di lapangan EMK.
 
Berlakunya kesepakatan ini masih bergantung pada hak membeli pertama (first right) oleh mitra ConocoPhilips di blok tersebut dan persetujuan dari pemerintah Aljazair. 
 
Untuk itu, diharapkan transaksi dapat dituntaskan pada paruh pertama 2013. 
 
Selama 2012, produksi dari Blok 405a mencapai lebih dari 35.000 barel per hari sehingga bagian untuk ConocoPhilips Algeria mencapai sekitar 23.000 barel per hari. 
 
Sementara itu, tambahan cadangan untuk Pertamina dari Blok ini ditaksir lebih dari 100 juta barel minyak.
 
Sebelumnya, Pertamina menargetkan aksi akuisisi sejumlah blok migas di dalam dan luar negeri sepanjang 2012 akan menyumbang tambahan produksi minyak sebanyak 32.000 barel per hari.  (ra)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : News Editor
Sumber : Riendy Astria

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper