Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

HARGA BERAS: Mulai Bergerak Naik

JAKARTA--Harga beras medium yang banyak dikonsumsi masyarakat secara perlahan mulai bergerak naik menjadi Rp7.800 per kg dibandingkan dengan akhir bulan lalu Rp7.500 per kg.
Yeni H. Simanjuntak
Yeni H. Simanjuntak - Bisnis.com 13 Desember 2012  |  20:42 WIB

JAKARTA--Harga beras medium yang banyak dikonsumsi masyarakat secara perlahan mulai bergerak naik menjadi Rp7.800 per kg dibandingkan dengan akhir bulan lalu Rp7.500 per kg.

Musim tanam padi pada musim hujan baru dimulai pada awal tahun ini. Kondisi musim tanam padi menyebabkan kenaikan harga beras, karena panen padi sedikit.

Pedagang beras di Pasar Induk Beras Cipinang Nelys Sukidi mengatakan saat ini sudah ada kenaikan harga beras di Pasar Beras Cipinang. Namun, kenaikan harga beras saat ini, katanya, belum signifikan. Hal itu, menurutnya, dibantu adanya operasi pasar beras oleh Perum Bulog.

Dia menuturkan operasi beras oleh Perum Bulog masih kecil. "Ditambah lagi sudah ada operasi pasar, jadi beras tidak masalah, tetapi operasi pasar beras oleh Perum Bulog belum terlalu banyak," ujarnya kepada Bisnis, hari ini.

Ketua Umum Persatuan Pengusaha Beras dan Penggilingan Padi (Perpadi) Nur Gaybita mengatakan harga beras medium atau IR64-III --yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat--mencapai Rp7.800 per kg pada pabrik beras di Subang dan beras kualitas super Rp8.100 per kg. "Harga beras mulai naik, karena tidak sedang musim panen."

Kenaika harga itu juga diakui oleh PT Tiga Pilar Sejahtera Food Tbk, perusahaan makanan, mengakui harga beras mulai naik.

"Secara prinsip harga [beras] sudah mulai naik. Kenaikan harga sampai pekan lalu sekitar Rp300 per kg," ujar Direktur Keuangan PT Tiga Pilar Sjambiri Lioe.

Ayong, salah satu orang yang pernah bergerak di bidang usaha perberasan selama 40 tahun lebih, mengatakan bisnis beras memiliki untung kecil dan kepentingan politik menyebabkan pelaku usaha di perberasan seringkali dirugikan. (if) 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Editor : Wan Ulfa Nur Zuhra

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top